View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BASIC LIFE SUPORT (BLS) MELALUI MEDIA VIDEO DAN ROLEPLAY TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SMA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (186.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (611.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (342.8Kb)
      ABSTRAK (144.1Kb)
      BAB I (287.7Kb)
      BAB II (436.6Kb)
      BAB III (298.2Kb)
      BAB IV (321.6Kb)
      BAB V (142.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (147.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (699.8Kb)
      LAMPIRAN (2.361Mb)
      Date
      2017-08-14
      Author
      NAADIR, GHULAM NAJIIH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kasus kegawatdaruratan yang dapat mengancam jiwa apabila tidak mendapatkan pertolongan yang baik dan benar adalah henti jantung. Henti jantung merupakan kondisi dimana jantung mengalami kehilangan fungsinya secara mendadak. Basic Life Support (BLS) merupakan tindakan yang dilakukan untuk menolong korban yang mengalami henti jantung. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media edukasi video dan metode edukasi roleplay dalam meningkatkan pemahaman dan ketrampilan siswa SMA dalam memberikan BLS pada korban yang mengalami henti jantung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment pre-post test with control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 26 orang, yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil: Hasil uji mann whitney menunjukkan nila p = 0.010 pada tingkat pengetahuan yang menunjukkan adanya pengaruh antara metode edukasi roleplay dengan media edukasi video dalam meningkatkan pengetahuan responden. Hasil uji mann whitney menunjukkan nilai p = 0.137 pada tingkat ketrampilan yang menujukkan tidak ada pengaruh antara metode edukasi roleplay dengan media edukasi video dalam meningkatkan ketrampilan responden dalam memberikan Basic Life Support (BLS) kepada korban yang mengalami henti jantung. Kesimpulan: metode Roleplay memiliki pengaruh daripada media video dalam meningkatkan pengetahuan responden terkait Basic Life Support (BLS), namun tidak memiliki pengaruh dalam meningkatkan ketrampilan responden.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15596
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV