View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS RENCANA PENERAPAN ELECTRONIC ROAD PRICING (ERP) TERHADAP JALAN MALIOBORO YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (160.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (730.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (191.5Kb)
      ABSTRACT (145.7Kb)
      BAB I (154.4Kb)
      BAB II (156.2Kb)
      BAB III (388.2Kb)
      BAB IV (667.0Kb)
      BAB V (654.3Kb)
      BAB VI (149.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (258.7Kb)
      LAMPIRAN (779.6Kb)
      Date
      2017-06
      Author
      CUPIZA, M DINNADA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dengan bertambahnya jumlah populasi manusia telah meningkatkan kemacetan, salah satu contoh nyata yang terlihat dari keadaan transportasi Yogyakarta. Tingkat kemacetan pada kota Yogyakarta lumayan tinggi pada hari-hari tertentu dan jam-jam tertentu. Beberapa solusi yang telah dilakukan dari pemerintah Yogyakarta seperti busway dan metode park and ride, tetapi masalah kemacetan belum sepenuhnya teratasi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model transportasi yang berfungsi untuk memberikan pemahaman terhadap seluruh pemangku dan pengambilan kebijakan terhadap transportasi kota. Selain itu model tersebut juga dilengkapi dengan skenario retribusi lalu lintas elektronik (Electronic Road Pricing). Electronic Road Pricing merupakan suatu mekanisme retribusi lalu lintas terhadap kendaraan pribadi dengan tujuan manajemen permintaan perjalanan agar dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang melewati suatu area atau daerah dengan tingkat kepadatan kendaraan tertentu dan biasanya pada range waktu tertentu atau saat jam sibuk. Dengan menerapkan kebijakan Elecronic Road Pricing (ERP) dapat menjadi salah satu alternative solusi untuk mengurangi kemacetan, mengurangi jumlah kendaraan pribadi, juga meningkatkan fasilitas kendaraan umum. Ketidaklayakan kebijakan ERP diterapkan pada Jalan Malioboro Dilihat dari volume lalu lintas yang melewati Jalan Malioboro, angka yang dihasilkan cukup tinggi yaitu sebesar 2.437,4 smp/jam, dan berdasarkan perhitungan yang diperoleh berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) Jalan Malioboro termasuk pada tingkat pelayanan F dan ditinjau dari alat transportasi masal yang tersedia pada kota Yogyakarta yang belum adanya kesiapan untuk diterapkannya kebijakan ERP ini.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15679
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV