View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF SISWA KELAS TAKHASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (78.42Kb)
      HALAMAN JUDUL (493.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (324.5Kb)
      ABSTRAK (178.9Kb)
      BAB I (200.6Kb)
      BAB II (329.8Kb)
      BAB III (98.02Kb)
      BAB IV (540.7Kb)
      BAB V (103.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (108.4Kb)
      LAMPIRAN (484.7Kb)
      Date
      2016-12-26
      Author
      SUSANTI, RETNO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Ranah Afektif Siswa Kelas Takhasus di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri”. Selain itu untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dalam meningkatkan ranah afektif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik dengan menggunakan data reduction, data display,dan conclusion drawing. Dari penelitian tersebut ada beberapa hasil analisis yang di dapatkan. Hasil analisis data menunjukkan: (1) pada proses pembelajaran guru telah membuat rencana pembelajaran yang mengarah pada ranah afektif namun terdapat beberapa kegiatan yang belum dilakukan dalam proses pembelajaran dikelas. Pada saat proses belajar mengajar berlangsung terkadang guru juga memberikan selingan candaan agar siswa tidak merasa bosan. Guru menggunakan waktu sebaikbaiknya sehingga waktu yang dimiliki menjadi efisien. Hal ini sesuai dengan salah satu cara meningkatkan ranah afektif dengan menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa. (2) berbagai peran yang diberikan oleh guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan ranah afektif siswa yaitu dengan memberikan tanggung jawab terhadap materi yang diberikan pada masing-masing kelompok. Dengan demikian secara tidak langsung guru sudah mencoba meningkatan ranah afektif siswa dengan mengembangkan moral dan nilai sikap, yang siswa akan terbiasa sehingga dengan sendirinya akan menghindari sfat-sifat tercela tanpa paksaan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15701
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV