dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Ranah
Afektif Siswa Kelas Takhasus di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri”. Selain itu untuk
mengetahui bagaimana proses pembelajaran dalam meningkatkan ranah afektif siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data diambil
dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik
dengan menggunakan data reduction, data display,dan conclusion drawing.
Dari penelitian tersebut ada beberapa hasil analisis yang di dapatkan. Hasil analisis data
menunjukkan: (1) pada proses pembelajaran guru telah membuat rencana pembelajaran yang
mengarah pada ranah afektif namun terdapat beberapa kegiatan yang belum dilakukan dalam
proses pembelajaran dikelas. Pada saat proses belajar mengajar berlangsung terkadang guru juga
memberikan selingan candaan agar siswa tidak merasa bosan. Guru menggunakan waktu sebaikbaiknya
sehingga waktu yang dimiliki menjadi efisien. Hal ini sesuai dengan salah satu cara
meningkatkan ranah afektif dengan menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa. (2)
berbagai peran yang diberikan oleh guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan ranah afektif siswa
yaitu dengan memberikan tanggung jawab terhadap materi yang diberikan pada masing-masing
kelompok. Dengan demikian secara tidak langsung guru sudah mencoba meningkatan ranah
afektif siswa dengan mengembangkan moral dan nilai sikap, yang siswa akan terbiasa sehingga
dengan sendirinya akan menghindari sfat-sifat tercela tanpa paksaan. | en_US |