PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED ENJOYMENT, DAN ACTUAL USAGE TERHADAP PENERIMAAN TEKNOLOGI INFORMASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived usefulness (persepsi kegunaan), perceived ease of use (persepsi kemudahan sistem), perceived enjoyment (persepsi kenyamanan), dan actual usage (pemakaian nyata) terhadap penerimaan teknologi informasi pada karyawan bagian akuntansi dan keuangan yang ada di BMT Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan sistem, persepsi kenyamanan, dan pemakaian nyata. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah penerimaan teknologi informasi.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Dengan metode tersebut, peneliti menggunakan sampel sebanyak 40 responden. Pengujian statistic deskriptif, pengukuran outer model, validitas konvergen, validitas diskriminan, uji reabilitas, dan pengukuran inner model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi kemudahan sistem (perceived ease of use) berpengaruh positif secara signifikan terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness). Persepsi kegunaan (perceived usefulness) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna (attitude toward using). Persepsi kemudahan sistem (perceived ease of use) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna (attitude toward using). Persepsi kenyamanan (perceived enjoyment) pengguna tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna (attitude toward using). Persepsi kemudahan sistem (perceived ease of use) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemakaian nyata (actual usage). Persepsi kegunaan (perceived usefulness) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemakaian nyata (actual usage). Persepsi kegunaan (perceived usefulness) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan teknologi informasi (acceptance of IT). sedangkan Sikap pengguna (attitude toward using) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan teknologi informasi (acceptance of IT).
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PERAN MEDIASI PENTINGNYA KEPERCAYAAN DALAM HUBUNGAN ANTARA KUALITAS WEBSITE, EWOM DAN PERSEPSI MANFAAT PADA SIKAP KONSUMEN TERHADAP ONLINE SHOPPING DI INDONESIA
SETIYAWAN, EKO (MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-02-12)This study aims to examine the mediating effect of Trust in the relationship between Perceived Website Quality, eWOM, and Perceived Benefits on Consumer Attitudes Toward Online Shopping in Indonesia. Respondents in this ... -
PENERIMAAN SISTEM E-FILING OLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI
UTAMI, ANNISA WARIH (FE UMY, 2017-01-24)This study aimed to analyze users' perception of E-filling with the readiness of Information Technology as intervening variable by the individual Taxpayer in DIY. The subject of this study is the individual Taxpayer who ... -
THE INFLUENCE OF SHARIA FINANCIAL TECHNOLOGY TOWARDS DEBTORS’ PREFERENCE ON SHARIA RURAL BANK IN MUDHARABAH AND MUSYARAKAH FINANCINGS (CASE STUDY ON BANGUN DRAJAT WARGA SHARIA RURAL BANK BANTUL, SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA)
HAWWA, TAZKIYYAH NAFS EL (FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-12-15)The aim of this research is to analyse the influence of Sharia Financial Technology towards the change of Debtors’ Preference on Bangun Drajat Warga Sharia Rural Bank Bantul, Special Region of Yogyakarta. The influence of ...