KORELASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DENGAN IBNU KHALDUN TENTANG MANUSIA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemikiran Al-Ghazali dengan Ibnu Khaldun tentang manusia dan bagaimana korelasi dari kedua tokoh tersebut juga implikasi dari pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Khaldun dalam perumusan pendidikan Islam.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research), dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah hermeneutika. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder. Data dianalisis menggunakan analisis wacana kritis.
Hasilnya menunjukan bahwa ada korelasi dari pemikiran Al-Ghazali dengan Ibnu Khaldun tentang manusia dan implementasinya terhadap pendidikan Agama Islam. Hal ini ditunjukkan dengan hasil (1) Manusia dalam pandagan Al-Ghazali dan Ibnu Khaldun adalah makhluk yang berbeda dengan makhluk lainnya (2) manusia adalah makhluk berfikir (3) manusia dibekali Tuhan dengan berbagai potensi (4) pendidikan Islam yang dimaksud kedua tokoh tersebut adalah bertujuan untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam dengan memerhatikan kurikulum pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, metode pembelajaran, materi pembelajaran Islam, model pembelajaran pendidkan Islam.