View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH RELIGIUSITAS MAHASISWA DAN METODE MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (161.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (497.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (121.0Kb)
      ABSTRAK (256.2Kb)
      BAB I (271.4Kb)
      BAB II (388.5Kb)
      BAB III (504.5Kb)
      BAB IV (1.089Mb)
      BAB V (167.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (195.8Kb)
      Date
      2017
      Author
      KHAQ, MOHAMAD YUSUF ZIYAUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menganalisis pengaruh religiusitas mahasiswa dan metode mengajar terhadap motivasi belajar di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sebanyak 356 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) motivasi belajar di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada pada kategori tinggi (94%). 2) Ada pengaruh religiusitas terhadap motivasi belajar sebesar 13,2%. 3) Ada pengaruh metode mengajar terhadap motivasi belajar sebesar 7,5%. 4) Religiusitas mahasiswa lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar. Secara bersama-sama religiusitas mahasiswa dan metode mengajar berkontribusi sebesar 15,3% dalam mempengaruhi motivasi belajar di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan demikian besar pengaruh religiusitas mahasiswa dan metode mengajar 15,3% sedangkan 84,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15897
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV