dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menganalisis pengaruh religiusitas mahasiswa dan metode mengajar terhadap motivasi belajar di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sebanyak 356 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) motivasi belajar di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada pada kategori tinggi (94%). 2) Ada pengaruh religiusitas terhadap motivasi belajar sebesar 13,2%. 3) Ada pengaruh metode mengajar terhadap motivasi belajar sebesar 7,5%. 4) Religiusitas mahasiswa lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar. Secara bersama-sama religiusitas mahasiswa dan metode mengajar berkontribusi sebesar 15,3% dalam mempengaruhi motivasi belajar di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan demikian besar pengaruh religiusitas mahasiswa dan metode mengajar 15,3% sedangkan 84,7% dipengaruhi oleh faktor lain. | en_US |