CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PT. HOUSE OF RATTAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA TAHUN 2013-2016
Abstract
Pada saat PT. House Of Rattan berdiri, kondisi pasar industri sangat padat dan tingkat persaingan sangat ketat tetapi masih kompetitif, dan saat itu PT. House Of Rattan baru memperkenalkan produknya kepada pelanggan. Target dari perusahaan ini meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan pelanggan. Masalah tersebut dipecahkan dengan metode Customer Relationship Management atau membina hubungan baik dengan pelanggannya. Penelitian tentang penerapan Customer Relationship Management dalam menghadapi persaingan ini berusaha untuk menganalisis tentang bagaimana menumbuhkan rasa kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh PT. House Of Rattan guna mempertahankan pelanggan agar tidak lari ke pesaing. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan Customer Relationship Management PT. House Of Rattan dalam menghadapi persaingan. Kerangka teori dalam penelitian ini yaitu untuk melihat bahwa penerapan Customer Relationship Management merupakan hal yang penting dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Metodologi dalam penelitian ini yaitu wawancara, dan dokumentasi dengan jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Customer Relationship Management yang dilakukan oleh PT. House Of Rattan menunjukkan bahwa PT. House Of Rattan mampu mempertahankan pelanggannya ditengah derasnya persaingan dengan menggunakan strategi customer need based dan juga customer value based yang dimana PT. House Of Rattan melayani kepuasan dan meningkatkan loyalitas pelanggannya berdasarkan kebutuhan dan kebiasaannya. Hal tersebut dibuktikan juga bahwa PT. House Of Rattan mendapatkan nilai positif dari para buyernya.