Show simple item record

dc.contributor.advisorJUNAEDI, FAJAR
dc.contributor.authorJUNIARTI, DIYANA
dc.date.accessioned2017-11-14T02:51:44Z
dc.date.available2017-11-14T02:51:44Z
dc.date.issued2017-08-08
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16024
dc.descriptionPenelitian ini meneliti pelanggaran Etika Pariwara Indonesia yang terjadi dalam Iklan Kolom Surat Kabar Harian Tribun Jogja periode Januari sampai Maret 2017. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Guna menemukan bentuk-bentuk pelanggaran, mengetahui frekuensi, serta mendeskripsikan secara kuantitatif jenis-jenis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam iklan kolom pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja selama Januari sampai Maret 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 15 edisi surat kabar harian, yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Terdapat 411 iklan dari sampel keseluruhan, dengan jumlah pelanggaran sebanyak 572. Pada penelitian ini dijelaskan secara rinci jenis-jenis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia melalui uji reliabilitas dengan menggunkan rumus Holsti untuk mengetahui presentase persetujuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelanggaran paling banyak dilakukan dalam iklan kolom lowongan pekerjaan dengan presentase 34,1%, dari jumlah frekuensi 195 dan pelanggaran paling sedikit dilakukan dalam iklan kolom penggunaan kata syarat dan ketentuan yang berlaku dengan presentase 2,6% dari frekuensi 15 dari sampel sebanyak 15 edisi dan dari jumlah keseluruhan sampel pelanggaran sebanyak 572 dalam Iklan Kolom Surat Kabar Harian Tribun Jogja Periode Januari sampai Maret 2017.en_US
dc.description.abstractThis research aims at observing the violation of Advertising Code of Ethics and Practice in Tribun Jogja daily newspaper advertisement column in the period of January to March 2017. The objectives of this research are: to find out the violation forms, to find out the frequency, and to describe quantitatively the violation types of Advertising Code of Ethics and Practice in Tribun Jogja daily newspaper advertisement column in the period of January to March 2017. The research type used was descriptive quantitative with 15 daily newspaper at the samples selected using random sampling technique. There were 411 advertisement from the whole samples numbering 572 violations. In this research, it was explained in details the types of Advertising Code of Ethics and Practice violations through reliability test using the Holsty formula to find out the precentage of agerrment. The research result shows that the violations mostly occur in the job vacancy advertisement column with the percentage of 34,1% from the frequency number of 195. Meanwhile, the violations least occur in the using of the words “terms and conditions apply” advertisement column with the percentage of 2,6% from the frequency number of 15 resulting from 15 editions as the samplesd and from the total number of violations samples of 572 in Tribun Jogja daily newspaper advertisement column in the period of January to March 2017.en_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectEtikaen_US
dc.subjectEtika Pariwara Indonesiaen_US
dc.subjectSurat Kabar Harian Tribun Jogjaen_US
dc.titleANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA IKLAN KOLOM SURAT KABAR HARIAN TRIBUN JOGJA PERIODE JANUARI SAMPAI MARET 2017en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 579en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record