View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KEMUHAMMADIYAHAN MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (159.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (381.7Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (214.2Kb)
      ABSTRAK (147.8Kb)
      BAB I (174.8Kb)
      BAB II (207.2Kb)
      BAB III (262.5Kb)
      BAB IV (317.6Kb)
      BAB V (155.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (162.7Kb)
      LAMPIRAN (1.179Mb)
      Date
      2017
      Author
      FANANI, ISTIQLAL YUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di kelas 3 A Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, 2) mengetahui peningkatan prestasi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di kelas 3 A Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 A Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta 2017/2018 sebanyak 31 siswa. Penelitian ini difokuskan kepada prestasi dan motivasi belajar Kemuhammadiyahan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada penelitian sebelum tindakan prestasi siswa hanya mendapatkan 24.1% dengan kategori Sangat Kurang. Sedangkan motivasi belajar siswa hanya mendapatkan 48% dengan kategori Kurang. Kemudian pada siklus I prestasi siswa mendapatkan 54.8% dengan kategori Baik. Sedangkan motivasi belajar siswa mendapatkan 67.9% dengan kategori Baik. Selanjutnya pada siklus II ini prestasi siswa meningkat menjadi Sangat Baik 93.54%. Sedangkan motivasi belajar siswa meningkat menjadi Sangat Baik 80%. Karena indikator keberhasilan telah tercapai serta prestasi dan motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang sangat signifikan, maka penelitian ini dihentikan setelah siklus kedua. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16031
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV