dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di kelas 3 A Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, 2) mengetahui peningkatan prestasi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di kelas 3 A Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 A Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta 2017/2018 sebanyak 31 siswa. Penelitian ini difokuskan kepada prestasi dan motivasi belajar Kemuhammadiyahan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada penelitian sebelum tindakan prestasi siswa hanya mendapatkan 24.1% dengan kategori Sangat Kurang. Sedangkan motivasi belajar siswa hanya mendapatkan 48% dengan kategori Kurang. Kemudian pada siklus I prestasi siswa mendapatkan 54.8% dengan kategori Baik. Sedangkan motivasi belajar siswa mendapatkan 67.9% dengan kategori Baik. Selanjutnya pada siklus II ini prestasi siswa meningkat menjadi Sangat Baik 93.54%. Sedangkan motivasi belajar siswa meningkat menjadi Sangat Baik 80%. Karena indikator keberhasilan telah tercapai serta prestasi dan motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang sangat signifikan, maka penelitian ini dihentikan setelah siklus kedua. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan. | en_US |