PENGARUH CITRA MEREK, KEMASAN PRODUK, PERSEPSI HARGA, PROMOSI, DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (StudipadaJogja Scrummy Yogyakarta)
Abstract
Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan yang dilakukan oleh
kosumen untuk membeli atau tidaknya suatu produk. Keputusan pembelian pada
konsumen melalui beberapa tahapan mulai dari mengenal produk hingga
mendapatkan informasi yang cukup terhadap suatu produk sehingga mengambil
keputusan pembelian terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh citra merek, kemasan produk, persepsi harga, promosi dan
distribusi terhadap keputusan pebelian konsumen pada Jogja Scrummy
Yogyakarta.
Responden dalam penelitian ini adalah konsumen Jogja Scrummy di
Yogyakarta. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode accidental
sampling, siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan
sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai
sumber data. Jumlah sampel dalam penelitian ditetapkan sebesar 126 responden.
Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden.
Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan alat bantu SPSS (Statistical
Product and Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) citra merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kemasan produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) persepsi harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (5)
distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
PihakpengelolaJogja Scrummy Yogyakarta disarankan
untukmemperhatikanvariabel-variabelcitramerek, kemasan produk, persepsiharga,
promosi,dandistribusiyang sudah dinilai baik dan meningkatkan kinerja variabel
yang dinilai baik oleh konsumen. Hal ini diharapkan menambah kenyamanan
konsumen saat berbelanja sehingga mampu mendorong terjadinya keputusan
pembelian.