FAKTOR-FAKTOR PERTIMBANGAN PEBISNIS DALAM PEMILIHAN LOKASI USAHA BATIK (STUDI PADA IKM BATIK DI KABUPATEN SLEMAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi usaha toko batik di Kabupaten Sleman serta faktor apa yang paling dominan. Penelitian ini dilakukan kepada IKM Batik Kabupaten Sleman dengan populasi 45 IKM. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada pemilik atau pengelola IKM yang terdaftar pada Rekapitulasi Data Industri Kecil Per Kecamatan Kabupaten Sleman Tahun 2015 Disperindag Sleman. Alat analisis dalam penelitian adalah analisis faktor konfirmatori dengan menggunakan SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang menjadi pertimbangan pebisnis dalam pemilihan lokasi usaha batik yaitu aksesibilitas, lingkungan, strategi bersaing, tingkat keramaian dan lalu lintas sedangkan faktor yang paling dominan yaitu tingkat keramaian.