dc.contributor.advisor | NURNISYA, FRIZKY YULIANTI | |
dc.contributor.author | YABID, FARUSI | |
dc.date.accessioned | 2017-12-16T03:06:25Z | |
dc.date.available | 2017-12-16T03:06:25Z | |
dc.date.issued | 2017-11-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16296 | |
dc.description | Klinik Kopi is a coffee shop that does the marketing with education.
Education based promotion is still implemented many times to avoid boredom of
advertisement. The advantage of education based promotion is that the public does
not only see it as a marketing effort but they also directly feel the real value to be
smarter consumers. The objective of the research was to find out how the
implementation of digital promotion in Klinik Kopi Yogyakarta coffee shop in
educating the consumers was.
The research was qualitative research in nature by using qualitative
descriptive research method. The location of the research was Klinik Kopi
Yogyakarta coffee shop on Kaliurang Street Km. 8 Yogyakarta. The steps in
collecting data taken through interview, documentation, and observation. Analysis
data taken by collecting data from interview process, data in this case the owner of
Klinik Kopi Firmansyah, then reduce the interview result, and then present the data
in the form of data presentation and research analysis.
The results of this study can be concluded that educational-based
marketing as a promotional strategy by Klinik Kopi fairly unique, they adjust their
educational content to social media features they use. Eventhough there is one
deficiency with the digital promotion they do, because the Klinik Kopi does not apply
the evaluation stage | en_US |
dc.description.abstract | Klinik Kopi merupakan coffee shop yang melakukan pemasaran dengan
edukasi. Promosi berbasis edukasi banyak dipraktekan untuk mengatasi kebosanan
akan iklan keuntungan pemasaran berbasis edukasi adalah khalayak tidak hanya
melihat sebagai usaha pemasaran tetapi secara langsung juga akan merasakan nilai
nyata untuk menjadi seorang pembeli yang lebih pintar. Tujuan dilaksanakan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi digital promosi di
coffee shop Klinik kopi Yogyakarta dalam mengedukasi konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah coffee shop Klinik Kopi
Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kaliurang km 8 Yogyakarta. Langkah-langkah
pengumpulan data yang ditempuh adalah melalui proses wawancara, dokumentasi
dan observasi sementara langkah analisis data ditempuh dengan mengumpulkan data
dari proses wawancara kepada sejumlah pihak terkait dalam hal ini pemilik Klinik
Kopi yaitu Firmansyah, kemudian mereduksi hasil wawancara, selanjutnya
menyajikan data dalam bentuk sajian data dan analisi penelitian.
Dari hasil penelelitian ini dapat diketahui bahwa pemasaran berbasis edukasi
sebagai strategi promosi terbilang baik, mereka menyesuaikan konten-konten edukasi
mereka terhadap karakteristik sosial media yang mereka gunakan. Meskipun begitu
terhadap satu kekurangan terkait aktivitas promosi digital yang mereka jalankan,
karena Klinik Kopi tidak menerapkan tahapan evaluasi. | en_US |
dc.publisher | FISIP UMY | en_US |
dc.subject | Promosi, Digital, Edukasi. Promotion, Digital, Education | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI PROMOSI DIGITAL DI COFFEE SHOP KLINIK KOPI YOGYAKARTA UNTUK MENGEDUKASI KONSUMEN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
702 | en_US |