IMPLEMENTASI PROMOSI DIGITAL DI COFFEE SHOP KLINIK KOPI YOGYAKARTA UNTUK MENGEDUKASI KONSUMEN
Abstract
Klinik Kopi merupakan coffee shop yang melakukan pemasaran dengan
edukasi. Promosi berbasis edukasi banyak dipraktekan untuk mengatasi kebosanan
akan iklan keuntungan pemasaran berbasis edukasi adalah khalayak tidak hanya
melihat sebagai usaha pemasaran tetapi secara langsung juga akan merasakan nilai
nyata untuk menjadi seorang pembeli yang lebih pintar. Tujuan dilaksanakan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi digital promosi di
coffee shop Klinik kopi Yogyakarta dalam mengedukasi konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah coffee shop Klinik Kopi
Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kaliurang km 8 Yogyakarta. Langkah-langkah
pengumpulan data yang ditempuh adalah melalui proses wawancara, dokumentasi
dan observasi sementara langkah analisis data ditempuh dengan mengumpulkan data
dari proses wawancara kepada sejumlah pihak terkait dalam hal ini pemilik Klinik
Kopi yaitu Firmansyah, kemudian mereduksi hasil wawancara, selanjutnya
menyajikan data dalam bentuk sajian data dan analisi penelitian.
Dari hasil penelelitian ini dapat diketahui bahwa pemasaran berbasis edukasi
sebagai strategi promosi terbilang baik, mereka menyesuaikan konten-konten edukasi
mereka terhadap karakteristik sosial media yang mereka gunakan. Meskipun begitu
terhadap satu kekurangan terkait aktivitas promosi digital yang mereka jalankan,
karena Klinik Kopi tidak menerapkan tahapan evaluasi.