dc.contributor.advisor | NURISNA,ZUHRI | |
dc.contributor.author | AKROM, MUHAMAD AZIS | |
dc.date.accessioned | 2018-01-24T02:14:19Z | |
dc.date.available | 2018-01-24T02:14:19Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17211 | |
dc.description | Vespa merupakan kendaraan perang pada saat perang dunia II. Pada
mulanya Vespa digunakan di saat peperangan, tetapi seiring dengan
perkembangan jaman Vespa digunakan sebagai kendaraan balapan, touring
atau dipakai harian. Untuk mesinnya sendiri, Vespa P150X ini menggunakan
mesin 2 Tak yang berkapasitas 150cc.
Analisis pada tugas akhir ini bertujuan untuk memahami cara kerja yang
berada pada mesin dan Transmisi Vespa P150X dan melihat perbedaan cara
kerja antara mesin Vespa dengan mesin sepeda motor pada umumnya.
Data hasil yang didapat dari analisis dimesin Vespa P150X dalam analisis
dan penggantian terdapat adanya komponen didalam mesin yang mengalami
keausan seperti bagian piston, crankshaft, pada mesin Vespa tersebut masih
menggunakan sistem pengapian platina serta memakai arus AC Konvensional,
bagian system transmisi menggunakan Sistem penggerak tenaga langsung
(sistem transmisi roda gigi), serta pengatur gigi memakai conektor yang diatur
di stang kiri motor, pencampuran oli yang secara langsung. | en_US |
dc.description.abstract | Vespa is a war vehicle during World War II. Initially Vespa used in times
of war, but along with the development of the Vespa era used as a race vehicle,
touring or daily wear. For the engine itself, the Vespa P150X uses a 2 stroke
engine with a capacity of 150cc.
Analysis on this final project aims to understand how the work is on the
engine and Transmission Vespa P150X and see the difference in the way work
between the Vespa engine with a motorcycle engine in general.
The result data obtained from the analysis of the Vespa P150X engine in
the analysis and the replacement there is a component in the machine that
experienced wear as piston, crankshaft, on the Vespa machine is still using
platinum ignition system and using Conventional AC currents, the transmission
system part using direct power (Gear transmission system), as well as dental
regulator using the conector set on the left handlebar motor, direct mixing of
oil. | en_US |
dc.publisher | D3 UMY | en_US |
dc.subject | Engine, Vespa P150X, Analysis and replacement. Engine, Vespa P150X, analisis dan penggantian. | en_US |
dc.title | ANALISIS MESIN DAN TRANSMISI VESPA P150X | en_US |
dc.type | Theses
TA
VOK
141 | en_US |