dc.contributor.advisor | Dr. Arif Budi Raharjo, M.S.I | |
dc.contributor.author | HUSAIN, MUHAMMAD NUUR | |
dc.date.accessioned | 2018-02-08T02:17:31Z | |
dc.date.available | 2018-02-08T02:17:31Z | |
dc.date.issued | 2017-08-31 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17561 | |
dc.description | Skripsi ini berjudul Perbandingan Hasil Belajar Akhlak Antara Siswa
Alumni MTs dan SMP di Kelas XI MA Pondok Pesantren Pendidikan Islam
(PPPI) Miftahussalam Banyumas, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
perbandingan hasil belajar akhlak antara siswa alumni MTs dan SMP di kelas XI.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penentuan subjek
(metode penentuan sumber data) yaitu penetapan populasi atau keseluruhan pihak
yang akan menjadi sasaran penelitian dan sebagai tempat di peroleh data-data,
metode dokumentasi yaitu dengan mencari data-data yang berhubungan dengan
variable seperti nilai raport, metode interview yaitu digunakan untuk
mewawancarai guru matapelajaran aqidah akhlak dan guru wali kelas sebagai data
pendukung. Metode kuesioner atau angket yaitu sebagai alat pengumpulan data
dengan cara menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab secara
tertulis pula oleh responden dan metode analisis data yaitu untuk mengolah atau
menganalisis data-data yang telah terkumpul untuk mendapatkan suatu
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbandingan hasil belajar
akhlak antara siswa alumni MTs dan SMP di kelas XI MA. Hal ini dikarenakan
hasil nilai rata-rata antara alumni MTs dan SMP adalah nilai raport 75:74 dan skor
penerapan Akhlak sehari hari 68:67, jadi nilai rata-rata antara alumni MTs dan
SMP hanya selisih 1 poin. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan
yang signifikan hasil belajar akhlak antara alumni MTs dan SMP di Kelas XI MA.
Hasil yang lainnya adalah tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akhlak
akademik dengan hasil belajar penerapan akhlak sehari-hari.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu:
1. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar akhlak antara
siswa alumni MTs dan SMP di kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren
Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Hal ini dapat dilihat dari thitung
hasil belajar akademik akhlak maupun dari thitung akhlak siswa sehari-hari
yaitu 0,352 dan 0,473 sedangkan ttabel untuk taraf signifikansi 5% = 2,03; dan
taraf signifikansi 1% = 2,72. Ini berarti hipotesis tidak diterima karena nilai
thitung lebih kecil dari pada nilai ttabel.
2. Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akademik Akhlak dengan
penerapan akhlak siswa sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dari hasil angka
signifikansi untuk variabel akhlak sehari-hari adalah 0,116, karena nilai
sig.>0,05 maka Ho tidak ditolak. Hal ini berarti bahwa pada tingkat
kepercayaan 95% dapat dikatakan tidak ada hubungan hasil belajar akademik
akhlak dengan akhlak sehari-hari. | en_US |
dc.description.abstract | This thesis titled Comparison Between Student Learning Outcomes Morals
Alumni MTs and SMP in Class XI MA Islamic Boarding School Education ( IBSE
) Miftahussalam Banyumas , which aims to determine whether there is a
comparison between student learning outcomes character alumni of MTs and
SMP in class XI .
The method used in this thesis is the method of determining the subject (the
method of determining the source of the data), namely the determination of the
population or the entire parties will be targeted as a place of research and
obtained data, the method of documentation is to find the data related to variables
such as the value of report cards, interview method that is used to interview the
subject teachers aqidah akhlaq and homeroom teacher as supporting data.
Questionnaires or questionnaire that is as a tool of collecting data by conveying a
number of written questions to be answered in writing also by the respondents
and the data analysis method is to process or analyze data that has been collected
to get a conclusion.
Research results indicate that there was no comparison between student learning
outcomes character alumni of MTs and SMP in class XI MA. This is because the
results of the average value between the alumni of MTs and SMP is the value of
report cards score 75:74 and 68:67 daily application of Morals, so the average
value between the alumni of MTs and SMP only 1 point difference. The results
showed that there was no significant difference between the learning outcomes
morals Alumni MTs and SMP in Class XI MA. Other results that there was no
association between academic learning outcomes character with the learning
outcomes of daily application of morals.
The conclusion of this research is:
1. There is no significant difference of character between student learning
outcomes alumni of MTs and SMP in class XI Madrasah Aliyah Islamic
Boarding School Education Miftahussalam Banyumas. It can be seen from the
results of academic learning taccount character and morals of students thitung
everyday that is .352 and .473 while ttabel for significance level of 5% = 2.03;
and 1% significance level = 2.72. This means that the hypothesis is not
accepted because thitung smaller than the value ttabel.
2. There was no relationship between academic learning outcomes Morals with
the implementation of the morals of students everyday. It can be seen from the
figures of significance to everyday character variable is 0.116, because sig.>
0.05 then Ho is not rejected. This means that at the 95% confidence level can
be said there is no relationship of academic learning outcomes morals with
morals everyday. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Akhlak mulia | en_US |
dc.title | PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKHLAK ANTARA SISWA ALUMNI MTS DAN SMP DI KELAS XI MA PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI) MIFTAHUSSALAM BANYUMAS | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |