Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Arif Budi Raharjo, M.S.I
dc.contributor.authorHUSAIN, MUHAMMAD NUUR
dc.date.accessioned2018-02-08T02:17:31Z
dc.date.available2018-02-08T02:17:31Z
dc.date.issued2017-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17561
dc.descriptionSkripsi ini berjudul Perbandingan Hasil Belajar Akhlak Antara Siswa Alumni MTs dan SMP di Kelas XI MA Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI) Miftahussalam Banyumas, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan hasil belajar akhlak antara siswa alumni MTs dan SMP di kelas XI. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penentuan subjek (metode penentuan sumber data) yaitu penetapan populasi atau keseluruhan pihak yang akan menjadi sasaran penelitian dan sebagai tempat di peroleh data-data, metode dokumentasi yaitu dengan mencari data-data yang berhubungan dengan variable seperti nilai raport, metode interview yaitu digunakan untuk mewawancarai guru matapelajaran aqidah akhlak dan guru wali kelas sebagai data pendukung. Metode kuesioner atau angket yaitu sebagai alat pengumpulan data dengan cara menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh responden dan metode analisis data yaitu untuk mengolah atau menganalisis data-data yang telah terkumpul untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbandingan hasil belajar akhlak antara siswa alumni MTs dan SMP di kelas XI MA. Hal ini dikarenakan hasil nilai rata-rata antara alumni MTs dan SMP adalah nilai raport 75:74 dan skor penerapan Akhlak sehari hari 68:67, jadi nilai rata-rata antara alumni MTs dan SMP hanya selisih 1 poin. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akhlak antara alumni MTs dan SMP di Kelas XI MA. Hasil yang lainnya adalah tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akhlak akademik dengan hasil belajar penerapan akhlak sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar akhlak antara siswa alumni MTs dan SMP di kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Hal ini dapat dilihat dari thitung hasil belajar akademik akhlak maupun dari thitung akhlak siswa sehari-hari yaitu 0,352 dan 0,473 sedangkan ttabel untuk taraf signifikansi 5% = 2,03; dan taraf signifikansi 1% = 2,72. Ini berarti hipotesis tidak diterima karena nilai thitung lebih kecil dari pada nilai ttabel. 2. Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akademik Akhlak dengan penerapan akhlak siswa sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dari hasil angka signifikansi untuk variabel akhlak sehari-hari adalah 0,116, karena nilai sig.>0,05 maka Ho tidak ditolak. Hal ini berarti bahwa pada tingkat kepercayaan 95% dapat dikatakan tidak ada hubungan hasil belajar akademik akhlak dengan akhlak sehari-hari.en_US
dc.description.abstractThis thesis titled Comparison Between Student Learning Outcomes Morals Alumni MTs and SMP in Class XI MA Islamic Boarding School Education ( IBSE ) Miftahussalam Banyumas , which aims to determine whether there is a comparison between student learning outcomes character alumni of MTs and SMP in class XI . The method used in this thesis is the method of determining the subject (the method of determining the source of the data), namely the determination of the population or the entire parties will be targeted as a place of research and obtained data, the method of documentation is to find the data related to variables such as the value of report cards, interview method that is used to interview the subject teachers aqidah akhlaq and homeroom teacher as supporting data. Questionnaires or questionnaire that is as a tool of collecting data by conveying a number of written questions to be answered in writing also by the respondents and the data analysis method is to process or analyze data that has been collected to get a conclusion. Research results indicate that there was no comparison between student learning outcomes character alumni of MTs and SMP in class XI MA. This is because the results of the average value between the alumni of MTs and SMP is the value of report cards score 75:74 and 68:67 daily application of Morals, so the average value between the alumni of MTs and SMP only 1 point difference. The results showed that there was no significant difference between the learning outcomes morals Alumni MTs and SMP in Class XI MA. Other results that there was no association between academic learning outcomes character with the learning outcomes of daily application of morals. The conclusion of this research is: 1. There is no significant difference of character between student learning outcomes alumni of MTs and SMP in class XI Madrasah Aliyah Islamic Boarding School Education Miftahussalam Banyumas. It can be seen from the results of academic learning taccount character and morals of students thitung everyday that is .352 and .473 while ttabel for significance level of 5% = 2.03; and 1% significance level = 2.72. This means that the hypothesis is not accepted because thitung smaller than the value ttabel. 2. There was no relationship between academic learning outcomes Morals with the implementation of the morals of students everyday. It can be seen from the figures of significance to everyday character variable is 0.116, because sig.> 0.05 then Ho is not rejected. This means that at the 95% confidence level can be said there is no relationship of academic learning outcomes morals with morals everyday.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectAkhlak muliaen_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKHLAK ANTARA SISWA ALUMNI MTS DAN SMP DI KELAS XI MA PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI) MIFTAHUSSALAM BANYUMASen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record