View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KINERJA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (177.7Kb)
      BAB I (290.4Kb)
      BAB II (369.2Kb)
      BAB III (197.3Kb)
      BAB IV (290.4Kb)
      BAB V (438.8Kb)
      BAB VI (194.8Kb)
      COVER (177.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (293.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (669.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (2.993Mb)
      Date
      2015-12-15
      Author
      AMRA, ULFA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta didik SD Muhammadiyah Tamantirto Bantul, dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber informasi yaitu guru TPA, peserta didik dan kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, obeservasi dan dokumentasi kemudian data dianalisis secara deksriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja guru TPA difokuskan pada 3 aspek, yaitu; proses perencanan persiapan pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal karena guru tidak sempat membuat silabus, RPP, dan lainnya dikarenakan keterbatasan waktu. Dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Sedangkan untuk proses evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun hanya 1 kali dalam setiap semester, tapi secara tidak langsung sudah setiap hari melakukan evaluasi dengan adanya kartu prestasi. Disamping itu ada faktor pendukung dari kinerja guru TPA, salah satunya dukungan dari pihak UNIRES UMY dengan memberikan uang transportasi dan lokasi yang dekat dengan kampus. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangny komitmen dari sebagian guru TPA dan peserta didik yang masih bermalasan untuk mengaji serta kurangnya perhatian dari orang tua peserta didik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17800
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV