dc.contributor.author | AMRA, ULFA | |
dc.date.accessioned | 2018-03-08T01:56:25Z | |
dc.date.available | 2018-03-08T01:56:25Z | |
dc.date.issued | 2015-12-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17800 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja guru taman pendidikan
al-Qur’an (TPA) dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta
didik SD Muhammadiyah Tamantirto Bantul, dan menjelaskan faktor pendukung
dan penghambat kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan sumber informasi yaitu guru TPA, peserta didik dan
kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, obeservasi dan
dokumentasi kemudian data dianalisis secara deksriptif kualitatif.
Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja guru TPA difokuskan pada 3 aspek,
yaitu; proses perencanan persiapan pembelajaran kurang berjalan dengan
maksimal karena guru tidak sempat membuat silabus, RPP, dan lainnya
dikarenakan keterbatasan waktu. Dalam proses pelaksanaan kegiatan
pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Sedangkan untuk proses evaluasi
pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun hanya 1 kali dalam setiap
semester, tapi secara tidak langsung sudah setiap hari melakukan evaluasi dengan
adanya kartu prestasi. Disamping itu ada faktor pendukung dari kinerja guru TPA,
salah satunya dukungan dari pihak UNIRES UMY dengan memberikan uang
transportasi dan lokasi yang dekat dengan kampus. Adapun faktor penghambatnya
adalah kurangny komitmen dari sebagian guru TPA dan peserta didik yang masih
bermalasan untuk mengaji serta kurangnya perhatian dari orang tua peserta didik. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja guru taman pendidikan
al-Qur’an (TPA) dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta
didik SD Muhammadiyah Tamantirto Bantul, dan menjelaskan faktor pendukung
dan penghambat kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan sumber informasi yaitu guru TPA, peserta didik dan
kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, obeservasi dan
dokumentasi kemudian data dianalisis secara deksriptif kualitatif.
Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja guru TPA difokuskan pada 3 aspek,
yaitu; proses perencanan persiapan pembelajaran kurang berjalan dengan
maksimal karena guru tidak sempat membuat silabus, RPP, dan lainnya
dikarenakan keterbatasan waktu. Dalam proses pelaksanaan kegiatan
pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Sedangkan untuk proses evaluasi
pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun hanya 1 kali dalam setiap
semester, tapi secara tidak langsung sudah setiap hari melakukan evaluasi dengan
adanya kartu prestasi. Disamping itu ada faktor pendukung dari kinerja guru TPA,
salah satunya dukungan dari pihak UNIRES UMY dengan memberikan uang
transportasi dan lokasi yang dekat dengan kampus. Adapun faktor penghambatnya
adalah kurangny komitmen dari sebagian guru TPA dan peserta didik yang masih
bermalasan untuk mengaji serta kurangnya perhatian dari orang tua peserta didik. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | kinerja guru TPA, tanam pendidikan al-Qur’an, peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an. | en_US |
dc.title | KINERJA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO BANTUL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |