View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (55.75Kb)
      BAB II (86.50Kb)
      BAB III (99.48Kb)
      BAB IV (201.6Kb)
      BAB V (30.41Kb)
      COVER (120.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (2.259Mb)
      LAMPIRAN (310.3Kb)
      Date
      2015
      Author
      AISYAH, SITI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa kelas V di MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantuldan untukmengetahuiperbedaankemandiriansiswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ḥadrah dan tahfiẓ Qur’an dan pramuka di MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Kemandirian merupakan cara bersikap, berfikir, dan tidak bergantung pada orang lain, akan tetapi tidak semua siswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi karena berbagai faktor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat kemandirian belajar siswa kelas V MIN Jejeran Wonokromo Bantul, 2) Apakah terdapat perbedaan tingkat kemandirian belajar antara siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikulerḥadrah, tahfiẓ Qur’an dan pramuka di MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian berjumlah 74 seluruh siswa kelas V MIN Jejerandan sampelnya yaitu 15 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib saja yaitu pramuka dan 15 yang mengikuti ekstrakurikuler ḥadrah,tahfiẓ dan pramuka. Validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment dihitung dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan perhitungan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan menggunakan statistik nonparametris yaitu uji Mann- Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwatingkat kemandirian belajar siswa kelas V MIN Jejeran Wonokromo Bantul masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 78%. Dari tingkat kemandirian belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfiẓ, ḥadrahdanpramukaadalah 81% dan yang hanya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramukaadalah 76%. Hasil uji statistik nonparametris yaitu uji Mann-Whitney Testpadataraf signifikansi 0,05 adalah 0,273. Dengan demikian apabilarhitunglebihbesardaripadartabelberarti tidak terdapat perbedaan tingkat kemandirian belajar antara siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan yang mengikuti kegiatan eksrtakurikuler ḥadrah, tahfiẓ dan pramuka.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18011
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV