PENGARUH PERAN MUSYRIFAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWI DI ASRAMA MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran musyrifah di Asrama
Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, mengetahui tingkat kecerdasan
emosional siswi di Asrama Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan
mengetahui pengaruh peran musyrifah terhadap kecerdasan emosional siswi di
Asrama Mu’allimaat Muhammadiyah Yogykarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif model regresi linier
sedrhana. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswi di Asrama Mu’allimaat
dan sampel yang digunakan sejumlah 106 siswi dengan menggunakan random
sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket (kuesioner)
model skala likert, metode observasi, metode dokumentasi dan metode
wawancara. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 16.0 for Windows.
Dari hasil uji coba angket yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas.
Dilihat dari nilai reliabilitasnya sebesar 0,926, maka instrument tersebut dikatakan
reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran musyrifah di Asrama
Mu’allimaat berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 92,45%,
sedangkan tingkat kecerdasan emosional siswi berada pada kategori tinggi dengan
persentase sebesar 55,66%. Pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan
antara peran musyrifah terhadap kecerdasan emosional siswi.