View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN SIKAP TOLERANSIKEPDA PERESTA DIDIK

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (210.1Kb)
      BAB I (192.9Kb)
      BAB II (4.714Mb)
      BAB III (540.5Kb)
      BAB IV (448.6Kb)
      BAB V (20.23Kb)
      COVER (114.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA.pdf (450.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (450.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.970Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (153.2Kb)
      Date
      2015
      Author
      ALQOMA, DIAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama Islam dalam penanaman sikap toleransi kepada peserta didik di MA Ali Maksum Krapyak. Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana sikap toleransi peserta didik, cara penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, serta faktor penghambat dan pendukung penanaman sikap toleransi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Akhlak dan Qur’an Hadits serta peserta didik MA Ali Maksum kelas XI dan XII. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap toleransi peserta didik di MA Ali Maksum krapyak sudah bagus, penanaman sikap toleransi tersebut mereka dapatkan dari (a) kesadaran diri sendiri, (b) nasehat dan bimbingan guru, (c) teladan guru. (2) Cara penanaman sikap toleransi pada pembelajaran PAI adalah (a) dengan metode diskusi pada saat pembelajaran di kelas dan (b) adanya program-program pembelajaran di luar kelas, yaitu program pertukaran pelajar (AFS), bakti sosial, dan pengajian malam jum’at. (3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap toleransi kepada peserta didik yaitu faktor pendukung adalah kultur pondok pesantren dan sistem boarding school. Faktor penghambat adalah perbedaan latar belakang peserta didik sehingga mempengaruhi adaptasinya dengan lingkungan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18094
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV