View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI POSITIONING MAJALAH DAKWAH ISLAM MASA KINI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Terhadap Eksistensi Majalah Ar-Risalah dan An-Najah)

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (350.9Kb)
      BAB II (379.7Kb)
      BAB III (175.5Kb)
      BAB IV (293.6Kb)
      BAB V (453.4Kb)
      COVER (158.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (772.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (398.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (181.5Kb)
      Date
      2015
      Author
      APRILIAWAN, RIMA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi positioning Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam berkompetisi dengan media massa lain agar tetap eksis di era digital, dan mengungkap alasan Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam menentukan strategi positioning dan bagaimana proses penerapannya agar mad’u tertarik terhadap majalah tersebut, serta mengetahui metode dakwah yang dilakukan oleh Majalah ar-Risalah dan an-Najah melalui media massa. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam kepada informan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya, Strategi positioning Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam implementasi konsep STP dimulai dari mengidentifikasi target pembaca (mad’u), menciptakan diferensiasi serta menciptakan keunggulan produk yang akan diberikan kepada pembaca. Oleh karena itu, redaksi melaksanakan beberapa cara agar strategi positioning dapat dikatakan sukses dan membekas dibenak pembaca seperti: menggunakan karakter produk terhadap majalah Islam lainnya (differentiation), menjamin harga-kualitas, konsisten terhadap aplikasi produk, profil pembaca yang jelas (konsumen), berkelas Nasional, kesesuaian produk dengan simbol kultur masyarakat Indonesia dan mengetahui kekuatan-kelemahan pesaing. Adapun alasan Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam menentukan strategi positioning yang menjadi pembeda dengan majalah-majalah pada umumnya yaitu untuk berdakwah amar ma’ruf nahi munkar. Kemudian metode dakwah yang dilakukan oleh Majalah ar-Risalah dan an-Najah adalah metode bil-qolam, artinya berdakwah melalui tulisan dengan memanfaatkan media massa seperti majalah dan
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18162
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV