View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI CAMSHAFT, IGNITION COIL DAN MUFFLER TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (84.79Kb)
      BAB I (114.7Kb)
      BAB II (634.5Kb)
      BAB III (636.4Kb)
      BAB IV (325.9Kb)
      BAB V (10.69Kb)
      COVER (91.29Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (13.29Kb)
      LAMPIRAN (369.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.361Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (132.1Kb)
      Date
      2015-08-24
      Author
      NOVRIZAL, BAYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Seiring perkembangan teknologi otomotif dalam balap, maka komponen racing yang ditawarkan di pasaran semakin banyak jenisnya. Camshaft racing, koil racing dan knalpot salahsatunya. Penggantian komponen ini bertujuan untuk menambah akselerasi dan top speed pada motor standar yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Berdasarkan keterangan diatas maka perlu dilakukan penelitian mengenai investigasi pengaruh variasi camshaft, ignition coil dan muffler pada motor 4 langkah 1 silinder 100 cc kondisi standar. Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor bensin 100 cc 4 langkah dengan alat uji Dynamometer untuk pengujian torsi dan daya. Pengujian dilakukan pada 8 kondisi yaitu camshaft standar, koil standar dan knalpot standar; camshaft standar, koil racing dan knalpot standar; camshaft standar, koil standar dan knalpot modifikasi; camshaft standar, koil racing dan knalpot modifikasi; camshaft racing, koil standar dan knalpot standar; camshaft racing, koil racing dan knalpot standar; camshaft racing, koil standar dan knalpot modifikasi; camshaft racing, koil racing dan knalpot modifikasi. Parameter yang diamati adalah torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Metode penelitian dalam pengujian ini ada dua metode yaitu dengan pembukaan throttle spontan dan pembukaan throttle per-rpm. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi mesin standar, torsi maksimal sebesar 9,16 Nm pada putaran mesin 6000 rpm, daya sebesar 6,64 kW pada putaran mesin 7500 rpm dan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 0.353 kg/jam. Pada kondisi motor standar, camshaft racing, koil racing dan knalpot modifikasi, torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 8,45 Nm pada putaran mesin 8500 rpm dan daya sebesar 7,81 kW pada putaran mesin 9000 rpm dan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 0,89 kg/jam. Penggunaan camshaft racing pada motor standar mengalami penurunan torsi sebesar 7,75 % dikarenakan kompresi dinamis motor mengalami penurunan tetapi sebaliknya daya meningkat sebesar 17,62 % pada putaran mesin tinggi. Konsumsi bahan bakar pada kondisi mesin standar, camshaft racing, koil racing dan knalpot modifikasi lebih banyak 7,01 % dibanding dengan kondisi mesin standar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18172
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV