View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (277.7Kb)
      BAB I (1.381Mb)
      BAB II (3.054Mb)
      BAB III (790.9Kb)
      BAB IV (7.518Mb)
      BAB V (572.9Kb)
      COVER (121.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (292.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.507Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (130.0Kb)
      Date
      2015-08-13
      Author
      SUJIYANTO, IKHWAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Mengetahui peran kepala sekolah dalam pembinaan Taman Pendidikan Al Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Godean.(2) Untuk mengetahui kemampuan baca Iqra’ dan Al-qur’an peserta didik setelah adanya pembinaan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Peran kepala sekolah dalam pembinaan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean adalah sebagai manager, leader, supervisor, administrator dan pendidik. Dalam peran-peran ini yang paling sering dilakukan bapak kepala sekolah dalam pembinaan TPA adalah peran sebagai supervisor. Hal ini terlihat sesuai hasil penelitian berkaitan dengan peran kepala sekolah berikut : (a). sebagai manager kepala sekolah menggerakkan seluruh warga sekolah dalam kegiatan TPA yang bertujuan untuk membentuk tingkah laku siswa berakhlak mulia, menjadikan generasi siswa agar membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. (b). sebagai leader kepala sekolah memberikan kebijakan yang arif bagi kegiatan proses TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean. (c). sebagai supervisor : selalu mengadakan peninjauan langsung terhadap proses kegiatan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean seperti : Tahsinul Qur’an, Iqra’, Al-qur’an, Tartil dan Qiro’ah bagi yang sudah lancar membaca Al-qur’an. (d). sebagai administrator disini sifatnya hanya membantu dan mengarahkan dalam penyusunan program TPA baik dilihat dari segi perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan, dan pengawasan. (e). sebagai pendidik : mendidik guru dan karyawan dengan maksud meningkatkan kualitas pendidik untuk menunjang kegiatan TPA dalam meningkatkan kemampuan baca Al-qur’an melalui kegitan Tahsinul Qur’an. (2).Kemampuan membaca Iqra’ dan Al-qur’an dapat dilihat dalam kartu prestasi peserta didik. Kartu prestasi dipergunakan untuk melihat perkembangan kemampuan siswa. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan hasil penelitian terdapat 138 siswa (45,85%) iqra’ dan Al-qur’an yang mendapat nilai A, sedangkan 83 siswa (27,57%) mendapat nilai B, dan 80 siswa (26,58%) mendapat nilai C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah diadakannya TPA kemampuan membaca iqra’ dan Al-qur’an siswa SMP Muhammadiyah 1 Godean kelas VII dan kelas VIII rata-rata mendapat nilai A.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18312
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV