View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      TINGKAT PERSAINGAN RADIO DI YOGYAKARTA DALAM MENDAPATKAN IKLAN (ANALISIS TEORI NICHE PADA RADIO GERONIMO DAN SWARAGAMA BULAN JULI SEPTEMBER 2014)

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (383.9Kb)
      BAB II (530.0Kb)
      BAB III (1.164Mb)
      BAB IV (137.2Kb)
      COVER (152.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (310.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (655.5Kb)
      LAMPIRAN (1.508Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (205.0Kb)
      Date
      2015
      Author
      RESTUNA, INNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian persaingan pada kedua media massa radio yaitu Radio Geronimo dan Swaragama dilakukan karena kedua media mempunyai karakteristik yang sama pada jam siar, positioning sex, dan target pendengar yang telah menjadi Top Brand radio di kota Yogyakarta. Media mempunyai sumber daya sebagai penunjang kehidupannya, salah satunya adalah iklan, semakin banyak media maka semakin ketat persaingan diantara media tersebut. Jika media mempunyai karakteristik sama, maka persaingan untuk mendapatkan iklan semakin ketat dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Niche, teori ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan diantara kedua media atau lebih dari dua media. Di dalam perhitungan teori ini, untuk mengukurnya menggunakan dua teknik perhitungan yaitu Niche Breadth dan Niche Overlap. Niche Breadth untuk mengetahui seberapa besar ketergantungan media terhadap iklan dan Niche Overlap untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan diantara kedua media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dari data yang didapatkan selama tiga bulan, maka didapatkan data kedua Radio Geronimo dan Swaragama dengan Niche Breadthnya berada pada kategori spesialis. Pada perhitungan Niche Overlap, maka didapatkan hasil persaingan kedua radio ini sangat ketat. Maka dengan menggunakan teori ini kita dapat mengetahui hasil persaingan kedua media massa tersebut.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18343
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV