TINGKAT PERSAINGAN RADIO DI YOGYAKARTA DALAM MENDAPATKAN IKLAN (ANALISIS TEORI NICHE PADA RADIO GERONIMO DAN SWARAGAMA BULAN JULI SEPTEMBER 2014)
Abstract
Penelitian persaingan pada kedua media massa radio yaitu Radio Geronimo
dan Swaragama dilakukan karena kedua media mempunyai karakteristik yang
sama pada jam siar, positioning sex, dan target pendengar yang telah menjadi
Top Brand radio di kota Yogyakarta. Media mempunyai sumber daya sebagai
penunjang kehidupannya, salah satunya adalah iklan, semakin banyak media
maka semakin ketat persaingan diantara media tersebut. Jika media
mempunyai karakteristik sama, maka persaingan untuk mendapatkan iklan
semakin ketat dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori
Niche, teori ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan
diantara kedua media atau lebih dari dua media. Di dalam perhitungan teori
ini, untuk mengukurnya menggunakan dua teknik perhitungan yaitu Niche
Breadth dan Niche Overlap. Niche Breadth untuk mengetahui seberapa besar
ketergantungan media terhadap iklan dan Niche Overlap untuk mengetahui
seberapa besar tingkat persaingan diantara kedua media. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu
metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set
kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa
sekarang. Dari data yang didapatkan selama tiga bulan, maka didapatkan data
kedua Radio Geronimo dan Swaragama dengan Niche Breadthnya berada
pada kategori spesialis. Pada perhitungan Niche Overlap, maka didapatkan
hasil persaingan kedua radio ini sangat ketat. Maka dengan menggunakan teori
ini kita dapat mengetahui hasil persaingan kedua media massa tersebut.