PENGGUNAAN MEDIA AUDIO MAINICHI KIKITORI I DALAM MATA KULIAH SHOKYU KIKITORI
Abstract
Pada skripsi ini, peneliti membahas tentang “Penggunaan Media Audio
Mainichi kikitori Dalam Mata Kuliah Shokyu Kikitori (Studi Deskriptif Terhadap
Mahasiswa Tingkat I Tahun Ajaran 2017/2018 Progam Studi Pendidikan Bahasa
Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah, ingin membangkitkan motivasi pembelajar
bahasa Jepang khususnya pembelajar tingkat dasar atau yang bisa disebut dengan
tingkat pemula untuk lebih mendalami lagi pembelajaran bahasa Jepang, khusunya
mata kuliah Shokyu Kikitori yang merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti
oleh pembelajar bahasa Jepang di Prodi PBJ UMY. Pada skripsi ini, peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif studi deskriptif. Pada skripsi ini, peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi dan angket
tertutup. Pada skripsi ini, peneliti melakukan teknik analisis data mulai dari observasi
kelas sebanyak tiga kali. Setelah selesai mengumpulkan data observasi pada
pertemuan ke tiga, peneliti membagikan angket kepada responden sebanyak 20 orang.
Kesimpulan dari adanya skripsi ini adalah dari angket yang telah dibagikan oleh
peneliti pada responden dari 50% sampai 100% responden tersebut setuju dengan
adanya pembelajaran shokyu kikitori dengan menggunakan media berupa audio