PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGELOLA KONFLIK PADA KEPALA SEKOLAH MUHAMMADIYAH D.I. YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah tehadap keterampilannya dalam mengelola konflik pada Sekolah Muhammadiyah D.I Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain survey. Populasi merupakan kepala sekolah menengah atas/kejuruan Muhammadiyah di D.I Yogyalarta. Contoh berjumlah 49 orang, dipilih secara insidental random sampling. Hasil menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi dan gaya kepemimpinan yang digunakan maka semakin terampil pengelolaan konflik yang dilakukan kepala sekolah. Uji pengaruh menemukan bahwa kecerdasan emosi dan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang cukup besar (44,4 persen) dalam menentukan keterampilan pengelolaan konflik oleh kepala sekolah .