PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan metode drill dalam mempelajari bahasa Jepang dan juga untuk mengetahui respon siswa setelah mempelajari kosakata menggunakan metode drill.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MAN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dari kelas X lintas minat dan 19 orang dari X IBB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan angket. Adapun jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup.
Pada alur pengajaran dan pembelajaran, metode pembelajaran drill dilaksanakan pada alur kihon renshuu melalui tahapan latihan yaitu seperti Latihan meniru, mengingat, pengulangan (memorization practice), lalu pada latihan penggantian (subtitution drill) yang bertujuan untuk memastikan pemahaman bentuk kalimat, pengubahan (transformation drill) bertujuan untuk memastikan kemampuan pembelajar dalam mengubah kosakata kedalam pola kalimat, dan kemudian tanya jawab (response drill) bertujuan untuk dapat bertanya dan menjawab dari pertanyaan yang mudah hingga ke pertanyaan yang sulit terdapat di kegiatan ooyou renshuu. Pada saat mengikuti latihan dari guru dengan menggunakan metode drill, siswa mengikuti guru dengan baik dan siswa juga merasakan bahwa menggunakan metode drill tidak merasa membosankan dan tidak pula merasa tertekan.