STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO PADUKA FM PURWOKERTO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH IKLAN TAHUN 2015
Abstract
Paduka FM pada tahun 2015 mengalami peningkatan jumlah pengiklan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Radio Paduka FM Purwokerto dalam meningkatkan jumlah pengiklan, 2) Bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti memilih lokasi penelitian di Radio Paduka FM Purwokerto dengan alasan radio ini memiliki networking yang kuat sebagai bagian dari Network RCM. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (depth interview) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran disusun berdasarkan hasil kajian yang kemudian ditetapkan langkah-langkah strategis meliputi: menentukan target audiens, menentukan program siaran, mengungguli pesaing, mencapai target iklan, pesan yang dikomunikasikan, saluran komunikasi, perencanaan aktifitas dan penganggaran. Saluran komunikasi pemasaran meliputi 4P yaitu produk, price, place, dan promotion. Promosi dilakukan melalui iklan, personal selling, public relations, promosi penjualan dan pemasaran langsung