Show simple item record

dc.contributor.authorFATIMAH, FATIMAH
dc.date.accessioned2018-07-14T03:44:58Z
dc.date.available2018-07-14T03:44:58Z
dc.date.issued2018-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20068
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif deskriptif dengan model korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Saturation Sampling dengan berjumlah 24 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Data dikumpulkan dengan kuesioner model Skala Likert. Uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji normalitas data, uji regresi linier, uji anova dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kasihan, sebagaimana dapat dilihat dari nilai t hitung bernilai 3,748 lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,07. Kemudian pada tingkat pendidikan agama dalam keluarga yaitu dalam kategori sangat baik yaitu 58%. Artinya, sebagian besar orangtua kelas XI SMA Muhammadiyah Kasihan memberikan pendidikan agama dalam keluarga dan pendidikan yang orangtua lakukan didalam keluarga ialah pendidikan aqidah, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak seperti: percaya rukun iman dan Islam, pembiasaan shalat, berdo’a, mendidik anak untuk tidak semaunya sendiri, selalu mengingatkan untuk membaca al-Qur’an, mengerti dan menghormati orang yang lebih tua, saling mengasihi, jujur, meminta izin, disiplin, menepati janji, bersyukur dan menjaga kebersihan. Sedangkan pada tingkat akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kasihan termasuk dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 79%. Pada nilai R square sebesar 0,345 yang artinya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga (X) terhadap akhlak siswa (Y) sebesar 34,5 % dan 65,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan agama dalam keluarga bukanlah faktor satu-satunya yang mempengaruhi akhlak siswa, namun terdapat faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa.en_US
dc.description.abstractThis study seeks to identify the impact of religious education in family on the moral character of the eleventh-grade students in SMA Muhammadiyah Kasihan. This study is a qualitative descriptive research that employs correlational model. The sampling technique is saturation sampling with 24 samples. Data are collected through Likert scale questionnaire. The validity is examined using product moment while the reliability is examined using Alpha Cronbach. The analytical techniques of this study consist of data normality test, linier regression test, analysis of variant (ANOVA) test and hypothesis test. The result of this study show that, there is a significant impact od religious education in family on the student moral character in the eleventh-grade students of SMA Muhammadiyah Kasihan, as indicated by the t-test value (3,748) that is significantly (with 5% level of significance) greater than the t-table value (2,07). Furthermore, the level of religious education in family is qualified as very good (58%). This result indicates that most of the parents of the eleventh-grade students in SMA Muhammadiyh Kasihan give religious lesson in their family including lessons on Islamic belief, rituals and good characters such us; belief in the pillars of faith and the pillars of Islam, habituation of prayer, pray, not being egocentric, reciting the Qur’an regularly, respecting older people, loving each other, being honest, asking permission politely, discipline, keeping promises, grateful and cleanness. The measure of akhlak of eleventh-grade students of SMA Muhammadiyah Kasihan shows a very good score, that is 79%. The R square value is 0,345 which indicates that the ompact of religious education in family (X) on the moral character of the students (Y) with 34,5% and 65,5% score respectively, is influenced by other determinant factors that are not in the scope of this study, thus, religious education o family is not the only factor that determine students’ moral character, but there are other factors that play role in shaping the students’ moral character.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectimpact, religious education in family, students moral character. Pengaruh, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Akhlak Siswa.en_US
dc.titlePENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KASIHANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 194en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record