dc.description.abstract | T![isan ini mengungkap upaya bertahap yang dital(ukan penutis
untuk menjadi pendidik yang refLektif di tengah kondisi pendidil(an
yang kerapkati mandeg, rutln dan kurang jnovatjf. Dengan
menyandarl<an pada teori tahap-tahap karir pendidik, beberapa
temua n penting dapat dikemukakan bahwa antara tahap awatl(arir
sebagai pendidik dan tahap menuju kedewasaan datam mendidjk
dapat ditemukan sebuah masa transjsi l(arir yang serjng rnenjadikan
seseorang merasa ragu dan terasing atas pitihan karirnya. Ta hap ini
sesungguhnya pertu ditewati dengan tidak hanya melakukan (ritik
diri dan upaya perbaikan atas kinerjanya, namunjuga pertu
menyimak dan mengadopsi secara l(ritjs atas inovasi dan kinerja
terbaik atau ketetadanan yang dilakukan kotega lainnya. Lebih dari
itu, sejumlah kreativitas dan inovasijuga pertu dikembangkan
sehingga karir sebagai pendidik merupal(an pilihan penting datam
kehidupan seseorang. Tutisan inijuga menegas(an bahwa
l<emampuan merefteksi ddn meningl(atkan kinerja secara umum
merupa (an tindakan lstamj bagi setiap Muslim yang rnemjtiki profesi
kependidil(an. | en_US |