dc.contributor.author | DININGSIH, SHELLA DWI CAHYA | |
dc.date.accessioned | 2018-08-27T02:28:25Z | |
dc.date.available | 2018-08-27T02:28:25Z | |
dc.date.issued | 2018-05-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20827 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh media sosial
Instagram terhadap akhlak malu siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif deskriptif. Penelitian ini
menggunakan teknik sampling Nonprobability Sampling dengan berjumlah 62,
namun dikurangi 3 responden, karena 3 responden tersebut tidak menggunakan
akun Instagram, jadi total responden berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Data dikumpulkan
dengan kuesioner model skala Likert. Uji validitas menggunakan Product Moment
dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.Untuk teknik analisis data
peneliti menggunakan uji normalitas data, uji regresi linier, uji anova dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara
penggunaan media sosial Instagram terhadap akhlak malu siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 5 Yogyakarta, sebagaimana dapat dilihat dari nilai r hitung
bernilai 0,828 lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% yang
menghasilkan angka 0,254. Kemudian pada tingkat kecenderungan penggunaan
media sosial Instagram pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta
termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 51%.Sedangkan pada tingkat
kecenderungan dalam akhlak malu siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5
Yogyakarta termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 66%.Artinya, dari
beberapa siswa adalah pengguna aktif media sosial Instagram dan sebagian siswa
masih belum memiliki rasa malu dalam mengupdate status, mengupload foto
ataupun video dengan lawan jenis dan mengumbar aurat. Pada nilai R square
sebesar 0,001 yang artinya pengaruh media sosial Instagram (X) terhadap akhlak
malu siswa (Y) sebesar 0,1 % dan 99,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
dianalisis dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa, media sosial
Instagram bukanlah faktor utama yang mempengaruhi akhlak malu siswa, namun
masih banyak faktor lain yang mempengaruhi akhlak malu siswa. | en_US |
dc.description.abstract | This research used descriptive quantitative type. This study used
Nonprobability sampling technique with total sample 62, but minus 3 respondents,
because 3 respondents do not use Instagram account, so the total respondents is 59
students. The data collection technique used questionnaires, documentation and
interviews. The data were collected with Likert scale model questionnaire.
Validity test using Product Moment and reliability test using Alpha Cronbach.
The data analysis technique that used by the researcher are normality data test,
linear regression test, anova test and hypothesis test.
The result of the research shows that there is significant influence between
usage of Instagram social media toward shame morality of students’ class XI of
SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, as can be seen from value of r count 0,828
bigger than r table with 5% significant level that resulted 0,254. Then at the level
of tendency of use of Instagram social media at students of class XI SMA
Muhammadiyah 5 Yogyakarta included in high category that is equal to 51%.
While at the level of tendency in shame morality of class XI students of SMA
Muhammadiyah 5 Yogyakarta included in the low category that is equal to 66%.
It means that some students are active users of Instagram social media and some
students still do not have the shame in updating the status, uploading photos or
video with the opposite sex and show their private parts (aurat). At the R square
value of 0.001 which means the influence of Instagram social media (X) to
students’ shame morality (Y) is 0.1% and 99.9% influenced by other factors
which do not analyzed in this study. It shows that, Instagram social media is not
the main factor affecting the morality of students, but there are many other factors
that affect student’s shame morality. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Influence, Instagram Social Media, Students’ Shame Morality. Pengaruh, Media Sosial Instagram, Akhlak Malu Siswa. | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP AKHLAK MALU SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
109 | en_US |