Show simple item record

dc.contributor.authorANNISA, RULLY
dc.date.accessioned2018-08-27T02:56:12Z
dc.date.available2018-08-27T02:56:12Z
dc.date.issued2018-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20834
dc.descriptionLatar Belakang: Perilaku Profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa selama proses pembelajaran. Perilaku ini memiliki tiga aspek aktivitas yang harus dilakukan sebagai tenaga kesehatan dengan bobot yang sama, yaitu: kognitif, psikomotor, dan soft skill atau professional behaviours. Tujuan penelitian: Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan professional behaviours mahasiswa tingkat II program studi DIII keperawatan AKPER YKY pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah pelatihan self-management. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksprimen semu, yang melibatkan mahasiswa. Dengan Rancangan Quasy Experiment Nonequivalent Control Group Design, menggunakan Incidental Sampling dengan responden berjumlah 72 mahasiswa aktif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Shieffietd Peer Review Assessment (SPRAT) berskala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Paired t-Test dan Independent t-Test. Hasil Penelitian: Hasil uji Paired t Test menunjukkan nilai p=0,028 pada kelompok intervensi dan nilai p=0,920 pada kelompok kontrol. Sedangkan hasil uji Independent t Test menunjukkan nilai p=0,643 (dimana p>0,05). Kesimpulan: Hasil uji Paired t Test menyimpulkan terdapat perbedaan signifikan setelah perlakuan pada kelompok intervensi sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre dan post professional behaviours. Dan hasil uji Independent t Test menyimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre dan post professional behaviours antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah pelatihan self management.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Perilaku Profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa selama proses pembelajaran. Perilaku ini memiliki tiga aspek aktivitas yang harus dilakukan sebagai tenaga kesehatan dengan bobot yang sama, yaitu: kognitif, psikomotor, dan soft skill atau professional behaviours. Tujuan penelitian: Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan professional behaviours mahasiswa tingkat II program studi DIII keperawatan AKPER YKY pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah pelatihan self-management. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksprimen semu, yang melibatkan mahasiswa. Dengan Rancangan Quasy Experiment Nonequivalent Control Group Design, menggunakan Incidental Sampling dengan responden berjumlah 72 mahasiswa aktif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Shieffietd Peer Review Assessment (SPRAT) berskala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Paired t-Test dan Independent t-Test. Hasil Penelitian: Hasil uji Paired t Test menunjukkan nilai p=0,028 pada kelompok intervensi dan nilai p=0,920 pada kelompok kontrol. Sedangkan hasil uji Independent t Test menunjukkan nilai p=0,643 (dimana p>0,05). Kesimpulan: Hasil uji Paired t Test menyimpulkan terdapat perbedaan signifikan setelah perlakuan pada kelompok intervensi sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre dan post professional behaviours. Dan hasil uji Independent t Test menyimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre dan post professional behaviours antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah pelatihan self management.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectSELF MANAGEMENTen_US
dc.subjectPROFESSIONAL BEHAVIOURSen_US
dc.subjectMAHASISWA KEPERAWATANen_US
dc.titleSTRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PROFESSIONAL BEHAVIORS PADA MAHASISWA TINGKAT II DIII KEPERAWATAN AKPER YAYASAN KEPERAWATAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record