Show simple item record

dc.contributor.authorSA’ADAH, HAMIDATUS DARIS
dc.date.accessioned2018-08-27T03:59:55Z
dc.date.available2018-08-27T03:59:55Z
dc.date.issued2018-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20843
dc.descriptionLatar Belakang: Pelaksanaan pembelajaran belum terdapat instrument evaluasi yang mengukur hasil pembelajaran, karena pembelajaran keperawatan bersifat teori dan praktis. Tujuan penelitian mengevaluasi proses pelaksanaan pembelajaran mata kuliah KMB I ditinjau menggunakan model evaluasi CIPP. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method, desain rancangan eksplanatory desain. Sampel kuantitatif adalah total sampling dan kualitatif adalah purposive sampling dengan melibatkan mahasiswa, penanggung jawab mata kuliah dan koordinator bagian kurikulum. Data kuantitatif yang didapat dianalisis dengan analisis deskriptif, dilanjutkan analisis kualitatif secara manual dengan pengkategorian makna final kemudian disimpulkan dari kedua analisis tersebut. Hasil penelitian: Hasil di dapatkan dua tema besar yaitu pada evaluasi context (Ketidaksesuaian jadwal materi pembelajaran dengan silabus (17.31%); Ketidaksediaan prasarana dan sarana dalam pmbelajaran (23.08%)) dan evaluasi input (Kurangnya variasi metode pembelajaran (14.42); dan Kurangnya informasi biaya tentang kegiatan pembelajaran (14.42)). Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini didapatkan hasil evaluasi pembelajaran mata kuliah KMB I dengan menggunakan aplikasi model CIPP adalah baik, tetapi terdapat kurang kesesuaian pada evauasi context dan input.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Pelaksanaan pembelajaran belum terdapat instrument evaluasi yang mengukur hasil pembelajaran, karena pembelajaran keperawatan bersifat teori dan praktis. Tujuan penelitian mengevaluasi proses pelaksanaan pembelajaran mata kuliah KMB I ditinjau menggunakan model evaluasi CIPP. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method, desain rancangan eksplanatory desain. Sampel kuantitatif adalah total sampling dan kualitatif adalah purposive sampling dengan melibatkan mahasiswa, penanggung jawab mata kuliah dan koordinator bagian kurikulum. Data kuantitatif yang didapat dianalisis dengan analisis deskriptif, dilanjutkan analisis kualitatif secara manual dengan pengkategorian makna final kemudian disimpulkan dari kedua analisis tersebut. Hasil penelitian: Hasil di dapatkan dua tema besar yaitu pada evaluasi context (Ketidaksesuaian jadwal materi pembelajaran dengan silabus (17.31%); Ketidaksediaan prasarana dan sarana dalam pmbelajaran (23.08%)) dan evaluasi input (Kurangnya variasi metode pembelajaran (14.42); dan Kurangnya informasi biaya tentang kegiatan pembelajaran (14.42)). Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini didapatkan hasil evaluasi pembelajaran mata kuliah KMB I dengan menggunakan aplikasi model CIPP adalah baik, tetapi terdapat kurang kesesuaian pada evauasi context dan input.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectEVALUASI PEMBELAJARANen_US
dc.subjectMODEL CIPPen_US
dc.subjectKMB Ien_US
dc.subjectMAHASISWAen_US
dc.subjectPRODI DIII KEPERAWATANen_US
dc.titleEVALUASI MATA KULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I MENGGUNAKAN APLIKASI MODEL CIPP (Context Input Process And Product) Di POLTEKKES RS dr. SOEPRAOEN MALANGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record