PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN BENGKEL YAMAHA SUMBER BARU MOTOR SENTRAL 1 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan
konsumen Bengkel Sumber Baru Motor Sentral 1 Yogayakarta. Subjek dalam
penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan Bengkel di Sumber Baru
Motor Sentral 1 Yogyakarta minimal 2 kali. Dalam penelitian ini sampel berjumlah
130 responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat
analisis yang digunakan adalah AMOS.
Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil kualitas pelayanan
bepengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan, manajemen hubungan
pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan, kualitas
pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas, manajemen
hubungan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, kepuasan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, kualitas pelayanan bepengaruh
signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan, manajemen hubungan pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan.