View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PROGRAMMING RADIO LOKAL DAN RADIO JARINGAN DI YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI JUMLAH PENDENGAR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (73.91Kb)
      HALAMAN JUDUL (413.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (257.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (257.0Kb)
      ABSTRAK (89.30Kb)
      BAB I (455.5Kb)
      BAB II (610.8Kb)
      BAB III (1.440Mb)
      BAB IV (259.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (95.55Kb)
      LAMPIRAN (656.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (151.5Kb)
      JURNAL (273.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (421.4Kb)
      Date
      2018
      Author
      APRILIANA, ARRIZQI QONITA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan radio dari wilayah Ibu Kota ke beberapa kota di Indonesia membuat perluasan jangkauan radio menjadi perhatian tersendiri. Berawal dari keresahan adanya kapitalis radio jaringan yang melebarkan sayap hingga ke berbagai kota di Indonesia, membuat eksistensi radio lokal harus diperjuangkan lebih gencar untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Studi kasus yang diambil adalah dua radio yang berpredikat tinggi, yaitu Swaragama FM sebagai radio lokal, dan Prambors FM Yogyakarta sebagai radio jaringan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi programming sekaligus untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi radio lokal dan radio jaringan di Yogyakarta dalam mempertahankan eksistensi jumlah pendengar. Adapun radio lokal adalah adalah radio yang hanya menjangkau pendengar lokal, dikelola oleh individu yang hanya memiliki satu radio, sedangkan, radio jaringan merupakan fenomena ekonomi dan politik radio berupa ekspansi pasar pendengar dan perluasan cakupan, bargaining iklan satu pintu, dan sentralisasi pesan siaran. Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data seperti wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Swaragama FM memiliki tahap perencanaan program, yaitu research, developing, planning, organizing, controlling, evaluating, sedangkan, Prambors FM Yogyakarta adalah riset, meeting creative, dan penyebarluasan ke setiap biro. Swaragama FM maupun Prambors FM Yogyakarta menggunakan konsep segmenting, targetting, positioning, formatting, dan programming, analisis strength, weakness, opportunity, threat, serta melakukan monitoring terhadap lagu, pendengar, dan kompetitor. Swaragama FM menggunakan metode day parting dan countering untuk mengantisipasi pindahnya pendengar ke channel lain, sedangkan Prambors FM Yogyakarta hanya menggunakan day parting saja.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20893
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV