View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      OPTIMALISASI PERANAN MASJID SEKOLAH BAGI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (125.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (384.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (114.0Kb)
      ABSTRAK (85.53Kb)
      BAB I (293.7Kb)
      BAB II (453.6Kb)
      BAB III (304.2Kb)
      BAB IV (639.1Kb)
      BAB V (92.40Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (293.4Kb)
      LAMPIRAN (1.294Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (281.7Kb)
      Date
      2018
      Author
      SETYAWAN, WAHYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi peranan masjid sekolah bagi pendidikan karakter peserta didik, 2) mengidentifikasi karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta, 3) dan mengidentifikasi peranan optimalisasi masjid sekolah bagi pendidikan karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif (descriptive research), dengan metode penentuan subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif menggunakan pendekatan induktif umum. Hasil penelitian ini adalah: 1) Masjid Al-Fath SMP Negeri 8 Yogykarta memiliki peranan penting, strategis, dan sangat vital dalam proses pendidikan, pembinaan siswa, membantu menciptakan lingkungan sekolah khususnya lingkungan masjid sekolah yang mendukung pembentukan karakter peserta didik. 2) Terbentuknya nilai karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta, adanya upaya untuk menyiapkan dan mengkondisikan lingkungan, sehingga terbentuk karakter pada peserta didik yang diharapkan, seperti karakter religius, jujur, peduli sosial, kreatif, dan tanggung jawab. 3) Optimalisasi peranan masjid sekolah yang dilakukan oleh Masjid Al-Fath SMP Negeri 8 Yogyakarta, melalui program-program masjid, hingga warga sekolah dalam memakmurkan masjid sekolah untuk mengkondisikan masjid menciptakan lingkungan masjid sekolah yang berperan menciptakan lingkungan bagi pendidikan karakter peserta didik, hingga melibatkan elemen-elemen yang lain.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21058
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV