dc.contributor.advisor | Hasan,Yusuf A | |
dc.contributor.author | SETYAWAN, WAHYU | |
dc.date.accessioned | 2018-09-04T06:05:01Z | |
dc.date.available | 2018-09-04T06:05:01Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21058 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi peranan masjid sekolah bagi pendidikan karakter peserta didik, 2) mengidentifikasi karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta, 3) dan mengidentifikasi peranan optimalisasi masjid sekolah bagi pendidikan karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif (descriptive research), dengan metode penentuan subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif menggunakan pendekatan induktif umum.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Masjid Al-Fath SMP Negeri 8 Yogykarta memiliki peranan penting, strategis, dan sangat vital dalam proses pendidikan, pembinaan siswa, membantu menciptakan lingkungan sekolah khususnya lingkungan masjid sekolah yang mendukung pembentukan karakter peserta didik. 2) Terbentuknya nilai karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta, adanya upaya untuk menyiapkan dan mengkondisikan lingkungan, sehingga terbentuk karakter pada peserta didik yang diharapkan, seperti karakter religius, jujur, peduli sosial, kreatif, dan tanggung jawab. 3) Optimalisasi peranan masjid sekolah yang dilakukan oleh Masjid Al-Fath SMP Negeri 8 Yogyakarta, melalui program-program masjid, hingga warga sekolah dalam memakmurkan masjid sekolah untuk mengkondisikan masjid menciptakan lingkungan masjid sekolah yang berperan menciptakan lingkungan bagi pendidikan karakter peserta didik, hingga melibatkan elemen-elemen yang lain. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi peranan masjid sekolah bagi pendidikan karakter peserta didik, 2) mengidentifikasi karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta, 3) dan mengidentifikasi peranan optimalisasi masjid sekolah bagi pendidikan karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif (descriptive research), dengan metode penentuan subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif menggunakan pendekatan induktif umum.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Masjid Al-Fath SMP Negeri 8 Yogykarta memiliki peranan penting, strategis, dan sangat vital dalam proses pendidikan, pembinaan siswa, membantu menciptakan lingkungan sekolah khususnya lingkungan masjid sekolah yang mendukung pembentukan karakter peserta didik. 2) Terbentuknya nilai karakter peserta didik di SMP Negeri 8 Yogyakarta, adanya upaya untuk menyiapkan dan mengkondisikan lingkungan, sehingga terbentuk karakter pada peserta didik yang diharapkan, seperti karakter religius, jujur, peduli sosial, kreatif, dan tanggung jawab. 3) Optimalisasi peranan masjid sekolah yang dilakukan oleh Masjid Al-Fath SMP Negeri 8 Yogyakarta, melalui program-program masjid, hingga warga sekolah dalam memakmurkan masjid sekolah untuk mengkondisikan masjid menciptakan lingkungan masjid sekolah yang berperan menciptakan lingkungan bagi pendidikan karakter peserta didik, hingga melibatkan elemen-elemen yang lain. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | optimalisasi, masjid sekolah, pendidikan karakter | en_US |
dc.title | OPTIMALISASI PERANAN MASJID SEKOLAH BAGI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
226 | en_US |