View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MANAJEMEN KRISIS PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (142.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (614.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (284.6Kb)
      ABSTRAK (92.57Kb)
      BAB I (518.9Kb)
      BAB II (1.030Mb)
      BAB III (1.971Mb)
      BAB IV (18.55Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (206.9Kb)
      LAMPIRAN (14.49Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (710.0Kb)
      Date
      2018
      Author
      KURNIAWAN, ENDRAX DWI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Insiden pengemudi taksi online di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada Juni 2017 merupakan salah satu kasus yang banyak mendapatkan respon negatif dari publik. Kasus ini menimbulkan beberapa konflik antara pihak pengelola bandara dan Paguyuban Pengemudi Online Jogja (PPOJ). Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sebagai unit pengelola bandara melakukan manajemen krisis sebagai bentuk upaya dalam mengembalikan citra positif perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi literatur, dan dokumentasi. Terdapat empat aspek yang menjadi acuan peneliti, yaitu strategi manajemen krisis (riset, perencanaan, penyelesaian krisis, dan evaluasi). Penelitian ini juga mengacu terhadap komunikasi krisis yang pernah dilakukan dan hubungan media dalam situasi krisis, serta melihat seberapa jauh penyelesaian krisis melalui digital oleh humas. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, krisis yang terjadi merupakan krisis konfrontasi. Humas memiliki fungsi manajemen di perusahaan dengan melakukan riset kasus, menyiapkan tim krisis & paket data informasi, menunjuk unofficial spokeperson, dan melakukan strategi komunikasi krisis full apology dengan melalui hubungan media yang diawali dengan media mapping, press release, press conference, interview terbuka, dan special event (FGD dan sosialisasi taksi resmi bandara). Namun, terdapat kelemahan dalam menyelesaikan krisis, yaitu kurang maksimalnya penggunaan media digital untuk menyampaikan pesan komunikasi krisis.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21097
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV