View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PEMBELAJARAN EVIDENCE-BASED PRACTICE TERHADAP CRITICAL THINKING MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES MATARAM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (64.55Kb)
      HALAMAN JUDUL (354.8Kb)
      ABSTRAK (34.52Kb)
      BAB I (66.26Kb)
      BAB II (266.0Kb)
      BAB III (111.1Kb)
      BAB IV (121.3Kb)
      BAB V (31.09Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (126.2Kb)
      LAMPIRAN (1.417Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (490.7Kb)
      Date
      2018-09-10
      Author
      IKHWANI, DINA ALFIANA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Evidence based practice adalah sisntesis ataupun penggunaan bukti-bukti empiris yang yang meliputi research (penelitian), pendapat ahli, ataupun laporan kasus dengan mempertimbangkan patient preference atau pilihan pasien. Pembelajaran EBP dengan pendekatan group discussion dapat menjadi starategi untuk meningkatkan critical thinking. evidence based practice dapat meningkatkan self-trust dan self-confidence yang merupakan komponen critical thinking (Zadeh, 2014) dan (Madarshahian et al., 2012) Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran EBP terhadap peningkatan berpikir kritis mahasiswa keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test without control group. Jumlah sampel 61 mahasiswa dengan teknik total sampling. Responden diberikan intervensi berupa pembelajaran evidence based practice. Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon terlihat perbedaan yang signifikan critical thinking mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil p value 0,00. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran evidence based practice terhadap critical thinking. Diharapkan metode pembelajaran EBP ini dapat diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan keperawatan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21314
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV