dc.contributor.author | IKHWANI, DINA ALFIANA | |
dc.date.accessioned | 2018-09-18T03:52:10Z | |
dc.date.available | 2018-09-18T03:52:10Z | |
dc.date.issued | 2018-09-10 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21314 | |
dc.description | Latar Belakang: Evidence based practice adalah sisntesis ataupun penggunaan bukti-bukti empiris yang yang meliputi research (penelitian), pendapat ahli, ataupun laporan kasus dengan mempertimbangkan patient preference atau pilihan pasien. Pembelajaran EBP dengan pendekatan group discussion dapat menjadi starategi untuk meningkatkan critical thinking. evidence based practice dapat meningkatkan self-trust dan self-confidence yang merupakan komponen critical thinking (Zadeh, 2014) dan (Madarshahian et al., 2012)
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran EBP terhadap peningkatan berpikir kritis mahasiswa keperawatan.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test without control group. Jumlah sampel 61 mahasiswa dengan teknik total sampling. Responden diberikan intervensi berupa pembelajaran evidence based practice.
Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon terlihat perbedaan yang signifikan critical thinking mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil p value 0,00.
Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran evidence based practice terhadap critical thinking. Diharapkan metode pembelajaran EBP ini dapat diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan keperawatan. | en_US |
dc.description.abstract | Latar Belakang: Evidence based practice adalah sisntesis ataupun penggunaan bukti-bukti empiris yang yang meliputi research (penelitian), pendapat ahli, ataupun laporan kasus dengan mempertimbangkan patient preference atau pilihan pasien. Pembelajaran EBP dengan pendekatan group discussion dapat menjadi starategi untuk meningkatkan critical thinking. evidence based practice dapat meningkatkan self-trust dan self-confidence yang merupakan komponen critical thinking (Zadeh, 2014) dan (Madarshahian et al., 2012)
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran EBP terhadap peningkatan berpikir kritis mahasiswa keperawatan.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test without control group. Jumlah sampel 61 mahasiswa dengan teknik total sampling. Responden diberikan intervensi berupa pembelajaran evidence based practice.
Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon terlihat perbedaan yang signifikan critical thinking mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil p value 0,00.
Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran evidence based practice terhadap critical thinking. Diharapkan metode pembelajaran EBP ini dapat diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan keperawatan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MKEP UMY | en_US |
dc.subject | CRITICAL THINKING | en_US |
dc.subject | EVIDENCE BASED PRACTICE | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBELAJARAN EVIDENCE-BASED PRACTICE TERHADAP CRITICAL THINKING MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES MATARAM | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |