View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH SUPPORTIVE-EDUCATIVE SYSTEM TERHADAP PENINGKATAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (110.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (937.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (670Kb)
      ABSTRAK (230.9Kb)
      BAB I (117.6Kb)
      BAB II (321.3Kb)
      BAB III (387.3Kb)
      BAB IV (297.5Kb)
      BAB V (167.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (359.8Kb)
      LAMPIRAN (1.161Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (587.6Kb)
      Date
      2018-09-10
      Author
      PURNAMAWATI, DITHA ASTUTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Gagal jantung adalah fase kronis yang menyebabkan kerusakan fungsional jantung akibat banyaknya gejala yang terjadi. Banyaknya gejala yang terjadi akan berdampak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan aktifitas sehari-hari, sehingga akhirnya mempengaruhi kualitas hidup. Gagal jantung memerlukan penatalaksaan yang tepat, intervensi diberikan dapat berupa terapi farmakologi dan non farmakologi, yang salah satu diantaranya supportive-educative system. Sistem ini membantu pasien memperoleh informasi kesehatan, serta dalam pengambilan keputusan. Tujuan: Mengidentifikasi pengaruh supportive-educative system terhadap Activity Daily Living dan kualitas hidup pasien Gagal Jantung. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test with control group, sebanyak 34 pasien dipilih dengan menggunakan teknik non probability, jenis consecutive sampling. Keseluruhan responden dibagi dalam dua kelompok, kelompok intervensi diberikan perlakuan supportive-educative system, sedangkan kelompok kontrol diberikan discharge planning diruangan selama 4 minggu. Diuji menggunakan Wilcoxon dan Paired Samples Test. Hasil: Penelitian ini menunjukan menunjukan kelompok intervensi lebih berpengaruh dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan ρ-value sebesar 0,00. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian supportive-educative system terhadap kualitas hidup pasien gagal jantung.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21315
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV