View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK KELAS VIII DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (186.4Kb)
      BAB I (542.3Kb)
      BAB II (499.1Kb)
      BAB III (410.9Kb)
      BAB IV (591.9Kb)
      BAB V (304.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (349.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (430.3Kb)
      LAMPIRAN (684.5Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (284.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (677.3Kb)
      COVER (317.9Kb)
      Date
      2018
      Author
      AL MUTTAQI, ADNAN SHOFA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode muhadsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri pondok pesantren Baitussalam prambanan . Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah dengan menggunakan analisa data kualitatif deskriptif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung dimana penulis mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subyek yang diteliti, dan metodepengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, interview bebas terpimpin. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa penerapan metode muhadatsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab santri kelas VIIIdi pondok modern baitussalam dapatdikatakan sangat efektif, karena bisa membantu memudahkan pembelajaran Bahasa arab, yaitu dilihat dari pre test dan post test yang mana dari 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas 80 ketika pre test sebanyak 2 siswa. Dan setelah mengikuti post tes yang mendapat nilai diatas 80 ada 11 siswa. hanya saja ada sebagian santri yang kurang semangat karena belom bisa memaknai pentingnya mempelajari Bahasa arab yaitu dilihat dari post tes yang nilainya kurang dari 80 sebnyak 2 siswa. maka dari itu musrif sering memberi motivasi tentang Bahasa arab dengan kata mutiara Bahasa arab atau biasa disebut mahfudzot.. Dan juga peran musrif sangat membantu dalam penerapan metode ini, karena musyrif yang menjalankan semua disiplin keseharian maupun disiplin Bahasa santri, termasuk muhadasah ini adalah cara meningkatkan Bahasa santri dalam berbicara Bahasa arab di dalam pondok maupun didalam kelas.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21337
      Collections
      • Department of Arabic Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV