PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK KELAS VIII DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
muhadsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan berbicara
bahasa Arab santri pondok pesantren Baitussalam prambanan .
Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah
dengan menggunakan analisa data kualitatif deskriptif. Adapun metode yang
digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, teknik observasi yang
digunakan adalah observasi langsung dimana penulis mengadakan pengamatan secara
langsung terhadap segala subyek yang diteliti, dan metodepengumpulan data yang
digunakan berupa dokumentasi, interview bebas terpimpin.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa penerapan metode
muhadatsah dalam pembelajaran Bahasa arab dalam meningkatan kemampuan
berbicara bahasa Arab santri kelas VIIIdi pondok modern baitussalam dapatdikatakan
sangat efektif, karena bisa membantu memudahkan pembelajaran Bahasa arab, yaitu
dilihat dari pre test dan post test yang mana dari 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas
80 ketika pre test sebanyak 2 siswa. Dan setelah mengikuti post tes yang mendapat
nilai diatas 80 ada 11 siswa. hanya saja ada sebagian santri yang kurang semangat
karena belom bisa memaknai pentingnya mempelajari Bahasa arab yaitu dilihat dari
post tes yang nilainya kurang dari 80 sebnyak 2 siswa. maka dari itu musrif sering
memberi motivasi tentang Bahasa arab dengan kata mutiara Bahasa arab atau biasa
disebut mahfudzot..
Dan juga peran musrif sangat membantu dalam penerapan metode ini, karena
musyrif yang menjalankan semua disiplin keseharian maupun disiplin Bahasa santri,
termasuk muhadasah ini adalah cara meningkatkan Bahasa santri dalam berbicara
Bahasa arab di dalam pondok maupun didalam kelas.