View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA(ANALISIS SEMIOOTIKA REMAJA PEREMPUAN DIMASA TRANSISI REFORMASI DALAM RUBRIK CEWEK HAY PADA MAJALAH HAI EDISI 1999)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (108.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.074Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (663.4Kb)
      ABSTRAK (290.9Kb)
      BAB I (306.4Kb)
      BAB II (249.6Kb)
      BAB III (415.3Kb)
      BAB IV (150.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (95.95Kb)
      LAMPIRAN (240.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (3.184Mb)
      JURNAL (238.9Kb)
      Date
      2018
      Author
      SARI, NISA MUTIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini merupakan analisis identifikasi tanda-tanda. Adapun objek penelitian yang digunakan adalah rubrik Cewek Hai dalam majalah Hai edisi tahun 1999. Pemilihan rubrik tahun 1999 dengan alasan tahun tersebut, karena merupakan pertama kali rubrik Cewek Hai hadir dalam majalah Hai. Kehadirannya bertepatan dengan kondisi Indonesia yang sedang dalam masa transisi reformasi yang telah terjadi pada tahun 1998. Sehingga dengan pemilihan objek tersebut, penulis ingin mengetahui bagaimana majalah Hai merepresentasikan remaja perempuan pada masa-masa transisi reformasi. Menggunakan metode analisis Semiotika oleh Roland Barthes guna mengidentifikasi tanda-tanda yang digunakan oleh Hai dalam merepresentasikan remaja perempuan di dalam rubrik Cewek Hai melalui identifikasi denotasi, konotasi serta mitos. Ditemukan beberapa tanda-tanda yang sering muncul selama rubrik Cewek Hai terbit sepanjang tahun 1999, seperti perempuan sebagai pemimpin pada masa itu dan kriteria fisik yang digunakan Hai (bentuk serta warna rambut, warna kulit, bentuk tubuh) pada masa itu. Pada hasil analisis yang telah dilakukan, teridentifikasi bahwa Hai masih dipengaruhi oleh latar belakang Indonesia yang saat itu sedang dalam masa menghadapi era reformasi setelah jatuhnya Orde Baru. Sehingga Hai menggambarkan remaja perempuan dalam rubrik Cewek Hai tidak terlepas dari latar belakang tersebut dan melakukannya secara ambivalen. Selain itu, Hai sebagai media yang diproduksi oleh dominasi laki-laki dan untuk pembaca lakilaki, juga masih melanggengkan ideologi patriarki dengan menjadikan model sebagai objek misalnya dengan memperlihatkan bagian tubuh tertentu dan subordinasi perempuan pada kegiatan sosialnya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21482
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV