View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      LITERASI MEDIA BERBASIS MEDIA BARU: APLIKASI MODEL LITERASI MEDIA BERBASIS MEDIA BARU OLEH REMOTIVI TAHUN 2017

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (13.04Kb)
      BAB I (418.0Kb)
      BAB II (455.2Kb)
      BAB III (1.495Mb)
      BAB IV (194.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (211.1Kb)
      C (30.19Kb)
      COVER (30.19Kb)
      HALAMAN JUDUL (424.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (84.41Kb)
      JURNAL (453.4Kb)
      LAMPIRAN (6.058Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (146.7Kb)
      Date
      2018
      Author
      MUTHMAINAH, ADITSA AMALIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Teknologi media informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan pesat. Namun, kemajuan dalam perkembangan media tersebut tidak dibarengi dengan kemampuan mengkritisi pesan-pesan di media terutama media baru yang dalam hal ini adalah akses melalui internet. Oleh karenanya, penting bagi masyarakat dan pegiat kajian media untuk memiliki pemahaman dan kemampuan literasi media. Penelitian ini berusaha menganalisis bagaimana aplikasi model literasi media berbasis media baru oleh Remotivi pada tahun 2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memaparkan pengaplikasian model literasi media berbasis media baru dari Remotivi. Adapun kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain internet dan perkembangan media baru, literasi media berbasis media baru, dan model literasi media oleh William James Potter. Menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif berdasarkan teori model literasi media oleh William James Potter guna melihat sejauh mana praktik literasi media yang telah dilakukan oleh Remotivi. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan wawancara mendalam kepada informan kunci Remotivi yang merupakan wakil direktur, kumpulan dokumenter hasil wawancara, dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan model dari model literasi media berbasis media baru dari Remotivi pada periode sebelumnya. Model literasi media berbasis media baru Remotivi tahun 2017 dilakukan dengan memproduksi pengetahuan literasi media dan konten media terkait perkembangan isu media yang dipublikasikan menggunakan media daring, seluruh media sosial Remotivi seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube, media sosial yang dimiliki penulis di Remotivi, serta media sosial para public figure, sehingga target dari literasi media berbasis media baru Remotivi merupakan mereka yang well educated, usia anak SMA hingga mahasiswa dan kelas menengah ke atas dan mereka yang mencari konteks konten kritis di media.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21549
      Collections
      • Department of Communication Science

      Related items

      Showing items related by title, author, creator and subject.

      • PENGELOLAAN MEDIA ONLINE (MEDIA WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL) DALAM PENYEBARAN INFORMASI DAN PROMOSI KEPARIWISATAAN DINAS PARIWISATA KOTA SOLO TAHUN 2017 

        RAHMAT, FIRMAN FADILAH (FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)
        Today in the era of cutting-edge technological advancement, information becomes very easy and mobilizing a wide array of sources and forms of delivery, one of the most often used in the era of globalization and new media. ...
      • SENJAKALA MEDIA CETAK, KEBANGKITAN MEDIA DARING : JURNALISME SEPAKBOLA DI ERA MEDIA BARU 

        JUNAEDI, FAJAR (ASPIKOM Korwil Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta, 2017-10-01)
        Di saat media cetak yang secara khusus memposisikan dalam jurnalisme sepakbola mengalami senjakala, muncul di media daring nama – nama baru dalam jurnalisme sepakbola. Diantara nama – nama baru itu adalah Pandit Football, ...
      • PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MEME KOMIK DAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI 

        ALWI, RAHMA MULIA PARAHITA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-21)
        This study aims to; (1) describe the media use of comical memes on the students’ participation in PAI (Pendidikan Agama Islam/Islamic education) learning of grade XI SMA N 1 Sentolo; (2) describe the use of mind mapping ...

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV