LITERASI MEDIA BERBASIS MEDIA BARU: APLIKASI MODEL LITERASI MEDIA BERBASIS MEDIA BARU OLEH REMOTIVI TAHUN 2017
Abstract
Teknologi media informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan pesat. Namun, kemajuan dalam perkembangan media tersebut tidak dibarengi dengan kemampuan mengkritisi pesan-pesan di media terutama media baru yang dalam hal ini adalah akses melalui internet. Oleh karenanya, penting bagi masyarakat dan pegiat kajian media untuk memiliki pemahaman dan kemampuan literasi media. Penelitian ini berusaha menganalisis bagaimana aplikasi model literasi media berbasis media baru oleh Remotivi pada tahun 2017.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memaparkan pengaplikasian model literasi media berbasis media baru dari Remotivi. Adapun kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain internet dan perkembangan media baru, literasi media berbasis media baru, dan model literasi media oleh William James Potter. Menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif berdasarkan teori model literasi media oleh William James Potter guna melihat sejauh mana praktik literasi media yang telah dilakukan oleh Remotivi. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan wawancara mendalam kepada informan kunci Remotivi yang merupakan wakil direktur, kumpulan dokumenter hasil wawancara, dan penelusuran data online.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan model dari model literasi media berbasis media baru dari Remotivi pada periode sebelumnya. Model literasi media berbasis media baru Remotivi tahun 2017 dilakukan dengan memproduksi pengetahuan literasi media dan konten media terkait perkembangan isu media yang dipublikasikan menggunakan media daring, seluruh media sosial Remotivi seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube, media sosial yang dimiliki penulis di Remotivi, serta media sosial para public figure, sehingga target dari literasi media berbasis media baru Remotivi merupakan mereka yang well educated, usia anak SMA hingga mahasiswa dan kelas menengah ke atas dan mereka yang mencari konteks konten kritis di media.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGELOLAAN MEDIA ONLINE (MEDIA WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL) DALAM PENYEBARAN INFORMASI DAN PROMOSI KEPARIWISATAAN DINAS PARIWISATA KOTA SOLO TAHUN 2017
RAHMAT, FIRMAN FADILAH (FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Today in the era of cutting-edge technological advancement, information becomes very easy and mobilizing a wide array of sources and forms of delivery, one of the most often used in the era of globalization and new media. ... -
SENJAKALA MEDIA CETAK, KEBANGKITAN MEDIA DARING : JURNALISME SEPAKBOLA DI ERA MEDIA BARU
JUNAEDI, FAJAR (ASPIKOM Korwil Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta, 2017-10-01)Di saat media cetak yang secara khusus memposisikan dalam jurnalisme sepakbola mengalami senjakala, muncul di media daring nama – nama baru dalam jurnalisme sepakbola. Diantara nama – nama baru itu adalah Pandit Football, ... -
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MEME KOMIK DAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI
ALWI, RAHMA MULIA PARAHITA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-21)This study aims to; (1) describe the media use of comical memes on the students’ participation in PAI (Pendidikan Agama Islam/Islamic education) learning of grade XI SMA N 1 Sentolo; (2) describe the use of mind mapping ...