View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEARIFAN LOKAL PADA IKLAN ROKOK TELEVISI DJI SAM SOE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (178.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (298.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (214.2Kb)
      ABSTRAK (91.91Kb)
      BAB I (385.1Kb)
      BAB II (323.6Kb)
      BAB III (692.5Kb)
      BAB IV (155.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (92.19Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (548.4Kb)
      Date
      2018
      Author
      HARTONO, ADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Iklan rokok adalah iklan yang dibatasi dengan dilarangnya memperlihatkan wujud rokok inilah yang membuat iklan rokok berbeda, dan harus berfikir lebih kreatif, Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Bhartes, Penelitian ini bertujuan untuk melihat, memahami, menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana kearifan lokal digambarkan dalam iklan rokok televisi Dji Sam Soe. Hasil dari penelitian ini adalah, kearifan lokal yang ditampilkan pada iklan yaitu sopan santun dalam menyapa orang khususnya menyapa orang yang lebih tua. Kearifan yang menggambarkan keharmonisan antar anak muda dan orang tua terwujud dalam ikan Dji Sam Soe versi musalaki dimana anak muda dan orang tua secara gotong royong membangun rumah adat musalaki, dalam lingkup lebih intim juga tergambar dalam iklan Dji Sam Soe versi sungkeman dimana anak melakukan ritual sungkeman kepada orang tuanya menjelang menikah sebagai wujud terima kasih karena telah dirawat dan dibesarkan. Kearifan lokal yang menghubungkan manusia dengan alam dan lingkungan sekitar juga tergambar dalam iklan versi silat minangkabau dan versi tari tobe papua. kearifan untuk selalu menjaga diri dari berbagai rintangan, dalam iklan versi minang seorang laki-laki minang harus bisa membela diri dengan silat, dalam versi tari tobe papua kearifan untuk menjaga diri dan menjaga alam sekitar menjadi sesuatu yang sakral, prosesi pemanggilan ruh leluhur pada tari tobe, dan atribut yang digunakan masyarakat papua sangat lekat dengan alam, namun juga terkesan primitif.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21577
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV